Brilio.net - Sejumlah buah, minuman, kue, patung singa dan lainnya dilelang pada perayaan Cap Go Meh di Season City mal Jakarta Barat, Minggu (21/2). Sebelum dilelang, barang-barang itu terlebih dahulu ditaruh di altar untuk didoakan dan diberkahi.

Saat lelang, harga barang-bareng itu melonjak tinggi. Dua buah jeruk Bali misalnya dibuka dengan harga Rp 500 ribu, namun saat lelang harganya melonjak menjadi Rp 3 juta. Begitu juga dengan patung singa yang yang dibuka dengan harga Rp 1 juta laku terjual pada harga Rp 10.090.000. Sementara 12 kaleng bir terjual Rp 700 ribu. Begitu juga dengan sebuah hiasan tulisan China laku terjual Rp 2,9 juta.

Uniknya, lelang dilakukan dengan menggunakan bahasa Mandarin. Menurut panitia acara, para peserta lelang yang merupakan warga Tionghoa rela membeli dengan harga lebih mahal dibanding harga di pasaran karena barang-barang tersebut sudah diberkahi. Selain itu, hasil lelang rencananya akan diberikan sebagai sedekah untuk warga miskin. Kegiatan lelang ini semata-mata untuk menyemarakkan perayaan Cap Go Meh 2567 tahun Monyet Api.