Brilio.net - Pulpen merupakan barang yang nggak asing dari anak kecil hingga dewasa. Apalagi, bagi sebagian orang, pulpen menjadi barang penting yang tak boleh tertinggal. Tapi tahukah kamu ada rahasia penting dari pulpen yang sewaktu-waktu dapat menyelamatkan hidupmu?

Mungkin tidak banyak dari kamu yang tahu, lubang pada bagian penutup pulpen ternyata sengaja dirancang untuk sewaktu-waktu dapat digunakan dalam keadaan darurat.

Seperti dilansir brilio.net dari New Scientist, Selasa (16/2), ide itu berawal dari kebiasaan unik yang hampir dilakukan semua orang di dunia, yaitu menggigit tutup pulpen, sehingga sering terjadi laporan masyarakat yang mengalami kondisi darurat secara medis karena menelan tutup pulpen. Saat tutup pulpen masuk ke tubuh maka organ yang menjadi sasaran adalah trakea.

Fakta tak terduga ini ungkap rahasia penting lubang tutup pulpen!

Trakea sendiri memiliki fungsi yang sangat penting bagi saluran pernapasan. Apabila tutup pulpen tertelan maka trakea akan tertutup sehingga pernapasan terganggu. Dengan adanya lubang tersebut maka udara masih bisa masuk ke paru-paru hingga pertolongan pertama diberikan. Itu alasan mengapa lubang pada penutup pulpen ini sangat penting.

Loading...

Ide cemerlang lubang pada penutup pulpen ini pertama kali dicetuskan pada tahun 1991 oleh BIC Company yang memang bergerak di bidang produksi alat tulis. Bahkan seharusnya seluruh pulpen yang diproduksi di dunia harus memiliki standar ini. Nah, mulai dari sekarang jika kamu beli pulpen cek dulu pada bagian tutupnya ya, demi keselamatanmu lho.