Brilio.net - Siapa yang nggak punya akun Facebook? Layanan jejaring sosial terbesar di dunia ini memungkinkan kamu untuk bikin status, mengunggah foto sampai mengobrol dengan sesama temanmu lewat fitur Facebook Messenger. Tapi belum banyak yang tahu jika ada kode rahasia yang bakal membantumu untuk bermain catur di Facebook Messenger. Jadi ngobrol nggak bakal boring lagi. Eh, tapi fitur ini belum dipromosikan secara terbuka, lho.

Dilansir brilio.net dari Mashable, Selasa (16/2), awalnya untuk memulai permainan, kamu harus membuka Facebook Messenger dengan teman Facebook kamu dan mengetik '@fbchess play'. Setelah menekan 'enter' akan muncul papan catur, dan permainan bisa segera kamu mulai.

Sayangnya, untuk menjalankannya, kamu nggak bisa menggeser atau menyeret pion-pion dalam permainan catur. Oleh karena itu, kamu perlu mengirim kode rahasia lainnya untuk menjalankan atau memindahkan pion-pion ke kotak-kotak berikutnya.

Segera coba! Ini kode rahasia bermain catur di Facebook Messenger

Tak hanya itu, untuk memainkannya kamu perlu memahami notasai-notasi dasar berdasarkan Standard Algerbraic Notation: P untuk pion, N untuk ksatria atau kuda, B untuk uskup, R untuk benteng, Q untuk ratu, dan K untuk Raja. Untuk memindahkan pion dari posisi satu ke posisi yang lainnya, misalnya, kamu bisa mengetik '@fbchess Pb4'.

Selain itu, kamu juga bisa membatalkan langkah pion yang sudah terjadi dengan '@fbchess undo', kamu juga bisa mengundurkan diri atau menyerah dari permainan dengan mengetik '@fbchess resign'.

Kamu masih bingung? Tenang, untuk mendapatkan panduan lengkap, kamu bisa mengetik '@fbcheess help'.

Seperti disebut di awal, belum ada promosi resmi dari Facebook perihal fasilitas ini. Kode-kode tersebut muncul pertama kali di jejaring sosial Reddit. Jadi, segera dicoba dan selamat bermain catur di Facebook, ya!