×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Hadapi UN, Mendikbud minta peserta tidak tegang dan tidur cukup

View Image

0

BRILIO » News

Hadapi UN, Mendikbud minta peserta tidak tegang dan tidur cukup

Selain istirahat cukup, menteri bilang tidak perlu lagi memforsir tenaga untuk belajar

04 / 04 / 2016

Brilio.net - Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat di Indonesia melaksanakan Ujian Nasional (UN), Senin (4/4). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan mengaku ikut merasakan apa yang dirasakan orangtua dan siswa karena anaknya saat ini duduk dibangku kelas 3 SMA dan mengikuti Ujian Nasional (UN).

“Anak sulung saya, juga akan menjalani UN. Sebagai orangtua, kami juga turut merasakan apa yang dirasakan anak-anak kita. Ada pengharapan mendapat hasil terbaik, tetapi juga mungkin terbersit kekhawatiran,” pesan Mendikbud melalui surat terbukanya, yang diterima brilio.net Senin (4/4).

Dia juga meminta kepada peserta UN tidak tegang menghadapi UN yang kini tidak lagi menentukan kelulusan. “Tidak perlu khawatir berlebihan dalam menjalani UN, namun manfaatkan tantangan ini secara sungguh-sungguh sebagai kesempatan bercermin tentang apa yang sudah kita raih dan apa yang perlu kita lakukan ke depan,” tambah Anies.

Mantan Rektor Universitas Paramadina ini juga berharap siswa beristirahat cukup dan tidak perlu lagi memforsir tenaga untuk belajar. Dia meminta pada malam menjelang UN untuk jangan belajar semalaman. "Justru harus tidur cukup,” kata Anies. Lebih lanjut Anies mengatakan agar peserta UNY juga memperhatikan asupan makanan sehat dan bergizi. "Jangan lakukan hal yang sebelumnya tidak biasanya kita lakukan. Ini untuk menghindari terjadinya hal-hal baru yang berisiko mengganggu persiapan,” jelas Anies.

Anies juga meminta siswa mempersiapkan semua kebutuhan yang harus dibawa ke sekolah saat UN. Perhatikan dan persiapkan dengan detail sehari sebelum UN, mulai dari baju seragam hingga pensil, penghapus, dan rautan. Pastikan berangkat awal dari rumah, agar tidak terburu-buru di jalan dan bisa sampai di lokasi UN dengan tenang dan tepat waktu.

Loading...

Saat menjalani UN, perlu diawali berdoa. “Saya berharap anak-anakku semua tetap percaya pada diri sendiri. Saya mengingatkan kepada semua untuk tidak melakukan cara-cara yang tidak terpuji sewaktu UN, seperti menyontek atau percaya pada mereka yang menawarkan jawaban,” tambah Anies.

Nah untuk kamu-kamu yang sedang mengikuti UN, selamat berjuang ya tetap semangat dan ingat pesan pak menteri.





Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more