Brilio.net - Gerhana matahari total menjadi euforia tersendiri bagi masyarakat dunia tidak terkecuali Indonesia. Kali ini Indonesia beruntung karena hampir seluruh wilayahnya dapat menyaksikan fenomena alam langka tersebut. Di Asia, Indonesia menjadi tempat terbaik bagai wisatawan yang berburu fenomena gerhana matahari total.

Bahkan, Putri Thailand Maha Chakri Sirindhon secara khusus menjadwalkan kedatangannya ke Indonesia agar tak ketinggalan menonton gerhana matahari total. Dia menggunakan pesawat khusus Airbus A320 Bangkok Air untuk datang ke Ternate, Maluku.

Demi gerhana matahari, Putri Thailand sewa pesawat khusus ke Ternate

"Selama kunjungan Putri Thailand, personel telah kami terjunkan untuk menjaga keamanan," kata Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Zulkarnaen seperti dikutip brilio.net dari Antara, Selasa (8/3).

Menurutnya sebanyak 279 personel diterjunkan untuk menjaga keamanan selama kunjungan Maha Chakri. Selain menikmati gerhana matahari, Putri Thailand yang terkenal dengan berbagai kegiatan sosialnya ini juga akan mengunjungi beberapa sekolah di Ternate untuk memberikan bantuan pendidikan.

Loading...

"Ternate merupakan Kota kedua di Indonesia setelah Kota Bogor yang mendapat bantuan dari Putri Thailand. Tujuh sekolah di Kota Bogor yang sudah menerima bantuan dari Putri Thailand, sedangkan Kota Ternate baru SD Negeri 50," pungkas Zulkarnaen.