Brilio.net - Munculnya Kerajaan Demak menjadi awal masuknya pengaruh Islam dalam bidang politik dan pemerintahan di Jawa. Lewat kerajaan Islam pertama di Jawa ini, ajaran Islam semakin tumbuh subur. Raden Fatah sebagai raja pertama berjuang bersama para Wali Songo untuk menyebarkan agama Islam di Jawa.

Dikutip brilio.net dari buku Jejak para Wali dan Ziarah Spiritual terbitan Kompas, Senin (29/6), menurut Babad Tanah Jawi, Raden Fatah adalah putra Brawijaya V, raja Majapahit yang terakhir, dan istrinya yang berasal dari China yaitu Putri Campa. Brawijaya V berencana mengangkat Putri Campa yang seorang selir ini sebagai permaisuri. Tapi hal itu membuat permaisuri Brawijaya V tak terima, bahkan akan mengundurkan diri jika pengangkatan Putri Campa itu jadi dilakukan.

Akhirnya Brawijaya V memanggil putranya yanga tinggal di Palembang, Arya Damar, untuk datang ke Gresik. Arya Damar kemudian diminta membawa pergi Putri Campa yang sedang hamil ke Palembang. Singkat cerita putri China itu kemudian melahirkan putra yang diberi nama Raden Fatah. Setelah itu Arya Damar menikah dengan Putri Campa dan dikaruniai anak yang bernama Raden Husein.

Pada saatnya tiba, Raden Fatah telah digadang-gadang untuk menduduki tahta menggantikan Arya Damar. Tetapi Raden Fatah yang tahu bahwa ia bukan anak dari Arya Damar tak mau menerima itu. Ia merasa adiknya lah yang lebih berhak menduduki tahta itu. Keputusan Raden Fatah untuk menghindar dengan melarikan diri dari Palembang membuat gempar keraton.

Raden Husein yang tak tahu keberadaan kakaknya berniat menyusulnya. Raden Husein akhirnya menemukan Raden Fatah dalam keadaan tidur di luar kota. Mereka kemudian sepakat untuk mengembara pergi ke tanah Jawa.

Setelah sampai di Gresik berkat tumpangan kapal seorang saudagar, Raden Fatah ingin ke Ampel untuk mengabdi kepada Sunan Ampel, tapi Raden Husein punya impian untuk mengabdi kepada raja Majapahit. Karena menaruh hormat kepada kakaknya, Raden Husein akhirnya mengurungkan niatnya dan mengikuti Raden Fatah. Raden Fatah dan Raden Husein belajar agama dengan tekun di Ampel Denta di bawah ajaran Sunan Ampel.

BACA JUGA:

Kisah Sunan Kudus yang berhasil sembuhkan wabah penyakit di Arab

Kisah Asmai kalahkan ratusan penyair berkat syair burung bulbul

Kisah kesederhanaan wali kota di tengah penduduknya yang pemberontak

Kisah keharmonisan antar umat beragama di zaman Rasulullah

Kisah Nabi Zakaria tak henti-hentinya berdoa akhirnya dikaruniai anak

Kisah Wali Sanga, alat musik tradisional bikin orang masuk Islam

Kisah perpindahan agama seorang panglima di tengah tengah perang

Kisah Perang Hunayn, kemenangan kaum muslim yang sempat tercerai berai