Brilio.net - Banyak tempat maupun benda bersejarah di negeri ini. Sayangnya bergantinya kepemimpinan para pejabat negeri tidak serta merta dibarengi dengan semangat menjaga yang dulu pernah ada. Salah satu buktinya adalah bumi perkemahan yang ada di Yogyakarta ini.

Berada sekitar 7 KM arah timur laut pusat Kota Yogyakarta, terdapat sebuah lokasi bumi perkemahan yang disebut Taman Tunas Wiguna. Bagi kamu yang tinggal di daerah Yogyakarta, bumi perkemahan ini pasti sudah tidak asing lagi. Mungkin semasa sekolah dulu kamu pernah berkemah di sini.

Sayangnya, lahan yang diresmikan langsung oleh Presiden Indonesia kedua sekarang ini keadaannya tidak terawat, kumuh dan penuh sampah. Tidak hanya di satu sudut, melainkan tumpukan sampah tersebut menggunung di beberapa titik lokasi.

Komunitas Jogja Garuk Sampah, yang aktif berkampanye memerangi sampah pun bertanya-tanya. Apakah tempat yang seharusnya dirawat ini tidak memiliki petugas kebersihan, atau setidaknya pengelola sampah? Melalui akun sosialnya, Jogja Garuk Sampah mengatakan di bumi perkemahan yang terletak di kawasan Babarsari, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta tersebut, sampah menggunung di banyak pojok bahkan di ujung jurang menuju sungai

"Kenapa di bumi perkemahan ini tidak ada tempat sampahnya? Siapa yang mengelola tempat ini? Kenapa dibiarkan kotor? Dan masih ada banyak lagi pertanyaan kami?" ujar komunitas ini seperti dikutip brilio.net, Senin (31/8) dari akun sosial medianya.

Loading...

Komunitas yang aktif membersihkan sampah di area-area wisata Jogja ini, berharap ada pihak pemerintah daerah Sleman, Yogyakarta yang melihat lokasi tersebut dan menjaga sebagaimana mestinya. Ironisnya sampai saat ini, tempat tersebut masih sering digunakan untuk berkemah siswa-siswi pramuka dari berbagai sekolah.