Brilio.net - Arya Cahya Mulyana Sugianto (9), bocah asal Pamekasan Madura, tersebut memang memiliki prestasi yang menakjubkan.

Pada usianya yang baru menginjak lima tahun dia telah berhasil mendaki sepuluh puncak gunung di Indonesia. Antara lain adalah Gunung Rinjani, Gunung Semeru, Gunung Agung, Gunung Lawu.

Orangtua Arya, Agus Sugianto menyatakan hingga saat ini Arya juga menggemari olahraga ekstrim lainnya seperti mountain cycling dan panjat tebing. Maka tidak heran, kian hari fisik Arya semakin kuat. Hal tersebut memang salah satu dari persiapan misi Arya dan ayahnya selanjutnya, yaitu mendaki Gunung Jayawijaya di Papua.

Kecintaan Arya terhadap dunia alam membuat perubahan positif dalam hidupnya. Seperti yang diceritakan ayahnya, sejak sering mendaki gunung sifat Arya menjadi lebih dewasa dan dapat mengontrol emosi.

"Bahkan waktu ibunya mau membelikan sepatu gunung yang baru, Arya menolaknya. Dia bilang sepatu yang lama masih bagus dan uangnya ditabung saja," ujar Agus kepada brilio.net.

Loading...

Arya, pendaki cilik yang juga peduli kebersihan alam

Agus juga mengatakan bahwa hobi mendaki gunung anaknya tersebut membuat Arya lebih menghargai alam dan mencintai kebersihan alam.

Arya bahkan sering membawa kantong plastik besar yang digunakannya untuk membawa turun kembali sampahnya. Tidak hanya sampai situ saja, Arya bahkan dengan sukarela memunguti sampah-sampah yang dia lihat di sepanjang pendakian.

"Dia ini memang benar-benar pecinta alam. Banyak orang dewasa yang kadang naik gunung karena gaya-gayaan, seringkali mereka asal buang sampah bahkan corat-coret pohon dan batu-batuan. Kalau Arya memang dia hobi naik gunung karena dia cinta alam," jelas Agus

Hebat ya, anak sekecil itu sudah menyadari kebersihan alam. Kamu sendiri bagaimana? masih sering buang sampah sembarangan?