Brilio.net - Salah satu tujuan favorit pendaki di Indonesia adalah Gunung Semeru (3.676 mdpl) di perbatasan Kabupaten Lumajang dan Malang, Jawa Timur. Gunung dengan puncak tertinggi di Pulau Jawa ini memiliki panorama alam yang menakjubkan. Karenanya, banyak pendaki yang ingin mencapai puncaknya.

Untuk mendaki Semeru, bagi pendaki luar kota biasanya akan ke Malang menggunakan kereta api dengan tujuan Stasiun Kota Baru Malang. Banyaknya pendaki yang menggunakan alat transportasi kereta api menjadikan stasiun ini selalu penuh pendaki tiap akhir pekan.

Dari stasiun, pada pendaki meneruskan perjalanan ke Tumpang di Malang. Ini tempat para pendaki melakukan persiapan terakhir sebelum pendakian ke Semeru.

Selama pendakian, para pendaki akan disuguh panorama alam yang menakjubkan. Ada beberapa tempat yang paling populer di Semeru karena keindahannya. Berikut ini tempat-tempat yang paling populer itu.

1. Ranu Pani

Loading...

7 Lokasi paling populer di Gunung Semeru, pendaki pasti tahu!

Ranu Pani sebuah danau di Desa Ranu Pani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Ranu Pani adalah bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS). Nah, di tempat ini start awal melakukan pendakian ke Gunung Semeru. Perijinan pendakian terdapat di Pos Ranu Pani, yang udah pernah ke Semeru pasti tahu kan.

2. Ranu Kumbolo

7 Lokasi paling populer di Gunung Semeru, pendaki pasti tahu!

Ranu Kumbolo merupakan sebuah danau air tawar yang terletak di Pegunungan Tengger, di kaki Gunung Semeru. Danau ini mempunyai luas area sekitar 15 hektar. Bagi para pendaki, Ranu Kumbolo adalah tempat yang tidak asing lagi, di tempat ini pemandangannya yang begitu indah. Danau ini merupakan tempat transit bagi mereka yang akan melanjutkan perjalanan untuk mendaki puncak Mahameru di Gunung Semeru.

3. Tanjakan Cinta

7 Lokasi paling populer di Gunung Semeru, pendaki pasti tahu!

Tanjakan Cinta merupakan jalan setapak menuju bukit, dengan kemiringan sekitar 45 derajat. Letaknya tepat setelah Ranu Kumbolo menuju Oro-oro Ombo. Saat melewati Tanjakan Cinta, para pendaki diimbau untuk tidak menoleh ke belakang. Kalau menoleh, konon kamu akan putus cinta! Boleh percaya, boleh tidak loh.

4. Oro-oro Ombo

7 Lokasi paling populer di Gunung Semeru, pendaki pasti tahu!

Ini merupakan salah satu spot favorit pendaki berfoto. Di tempat ini pendaki disugi pemandangan berupa padang savana yang sangat luas. Uniknya, padang savana ini pada musim tertentu akan tampak berwarna ungu karena bunga lavender yang bermekaran. Sebuah lokasi sempurna untuk berfoto.

5. Kalimati

7 Lokasi paling populer di Gunung Semeru, pendaki pasti tahu!

Tempat ini merupakan lokasi transit para pendaki sebelum menuju puncak Semeru atau Summit Attack. Kalimati berasal dari nama sebuah sungai/kali yang tidak berair. Aliran air hanya terjadi apabila musim hujan, aliran menyatu dengan aliran lahar Semeru. Daerah ini merupakan padang rumput dengan tumbuhan semak dan hamparan edelweis seluas 20 ha.

6. Arcapadha

7 Lokasi paling populer di Gunung Semeru, pendaki pasti tahu!

Arcapada merupakan titik sebelum menuju puncak Semeru. Kata Arcaphada berasal dari bahasa Jawa kuno yang berarti tempat arca. Ini merupakan arca yang berada di tempat tertinggi di Jawa. Hanya sedikit pendaki yang beruntung bisa menemukan arca ini.

7. Mahameru

7 Lokasi paling populer di Gunung Semeru, pendaki pasti tahu!

Puncak Semeru yang biasa didaki adalah Puncak "Mahameru". Dari puncak ini akan terlihat kawah yang disebut "Jonggring Saloko" dan yang uniknya setiap 10-15 menit sekali menyemburkan batuan vulkanis dengan didahului asap yang membumbung tinggi. Tidak sedikit para pendaki bersujud syukur telah sampai menginjakkan kaki di puncak tertinggi di Pulau Jawa ini.