Brilio.net - Kamu pengemar olahraga? Tentunya akan tahu dengan brand satu ini, Nike. Nike merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang apparel atau khusus memproduksi berbagai jenis kebutuhan olahraga.

Membahas tentang Nike, kamu mungkin tidak akan asing lagi dengan logo berbentuk centang yang digunakan oleh perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat (AS) ini.

Untuk sebuah perusahaan, logo merupakan hal yang cukup penting. Logo sendiri merupakan suatu yang akan menggambarkan atau memberikan penjelasan tentang sebuah perusahaan atau produk, tentunya dalam penentuan logo membutuhkan pertimbangan tersendiri.

Logo senantiasa menjadi sesuatu yang penting bagi perusahaan agar masyarakat bisa tetap mengingat produk yang mereka tawarkan. Meski logo dari nike ini terkesan sederhana dengan tanda centang yang biasanya diikuti dengan slogan 'Just Do It', namun siapa sangka itu didesain dengan penuh pertimbangan dan makna yang mendalam.

Kata nike sendiri diartikan 'dewi kemenangan dan keberhasilan' yang diyakini oleh bangsa Yunani. Dengan menggunakan nama tersebut, diharapkan perusahaan yang didirikan oleh Philip Knight ini akan selalu memberikan keberhasilan dan kemenangan bagi pelanggan yang menggunakan produknya.

Loading...

Knight pun memesan sebuah logo untuk mewakili makna dari perusahaannya itu. Pada tahun 1971, logo nike ini desain oleh seorang ahli grafis bernama Carolyn Davidson. Knight dikenal dengan orang yang sangat selektif, sempat terjadi beberapa perubahan bentuk logo hingga pada akhirnya tahun 1995, Knight menjatuhkan pilihannya kepada logo nike swoosh.

Knight berpikir bahwa dengan logo centang dan slogan 'Just Do It' yang berarti lakukanlah akan memberikan dampak luar biasa. Knight berharap perusahaan yang dirintisnya dari sesuatu yang sederhana dapat menjadi perusahaan besar dan tidak lupa akan kesederhanaan.

Dan benar saja, kini nike menjadi salah satu perusahaan appreal dengan yang baru saja mengantongi pertumbuhan laba sebesar 10% atau senilai dengan USD 13,3 milliar seperti yang dilansir dari CNN Money.

Dan satu hal yang paling menarik dari nike adalah tanpa tulisan nike sekalipun, hanya dengan melihat logo centang maka orang-orang akan teringat dengan produknya. Bagaimana menurutmu?

Apakah memang produk nike membawa kemenangan dan keberhasilan saat kamu gunakan seperti yang diinginkan sang pendirinya?