Brilio.net - Maraknya pencurian kendaraan bermotor menjadi sumber inspirasi sebagian orang untuk terus mengembangkan piranti khusus yang bisa mencegah tindak kejahatan ini. Salah satu yang berhasil adalah Arie Setya Putra.

Dosen STMIK dan AMIK Mitra Lampung ini mengembangkan aplikasi pelacakan kendaraan bermotor yang hilang untuk mengantisipasi pencurian kendaraan atau pembegalan sepeda motor maupun mobil yang sering terjadi di daerahnya. Arie yang dosen komputer dengan bidang penelitian 'system retrieval' ini mengatakan, aplikasi itu berupaya menekan hasil distribusi pencurian kendaraan bermotor di Provinsi Lampung. "Kami menyebutnya DPB Ranmor, dan dikembangkan berangkat atas tindakan kriminal pencurian kendaraan bermotor yang sering terjadi di Provinsi Lampung yaitu pembegalan," ujar suami dari Ochi Marshella Febriani ini di Bandarlampung seperti dikutip antara, Rabu (23/12).

Pria kelahiran 1 Februari 1987 itu bekerja sama dengan Bidang Teknologi Informasi Polda Lampung untuk mengembangkan aplikasi berbasis Android itu. Aplikasi ini dapat mengakses kendaraan bermotor yang telah dicuri agar bisa ditemukan di seluruh Provinsi Lampung. Aplikasi ini dapat diunduh di Play Store dengan nama DPB Ranmor.

Aplikasi ini dapat mengidentifikasi posisi kendaraan bermotor yang pernah hilang berdasarkan nomor rangka dan nomor mesin, dengan syarat pemiliknya pernah membuat laporan kehilangan di Polres terdekat. "Semoga aplikasi ini dapat bermanfaat untuk masyarakat Provinsi Lampung," ujar lulusan magister Teknologi Informatika itu.