Brilio.net - Mungkin kamu pernah melihat maling yang sedang beraksi hendak mencuri. Lalu kira-kira apa yang akan kamu lakukan? Pilihannya ada dua, menghajar sendiri maling tersebut atau pilihan terakhir teriak 'ada maling' sekencang-kencangnya dan berharap ada warga ikut menggeruduknya. Tapi apa kenyataannya? Maling tentu saja sudah kabur lebih cepat dibandingkan lari warga yang bangun karena teriakanmu, benar kan?

Berawal dari kegelisahan tersebut, Saddam Rajief beserta kawan-kawannya berinisiatif membuat aplikasi berbasis smartphone yang diberi nama 'Kentongan'. Aplikasi ini diberi nama tersebut karena kentongan pada zaman dahulu digunakan untuk menginformasikan kepada seluruh warga akan adanya tanda bahaya atau untuk mengumpulkan warga.

Aplikasi yang bisa diunduh secara gratis di Playstore dan Appstore itu, menawarkan fitur penyebaran informasi serta interaksi antara tetangga dan ketua RT menjadi lebih mudah di era digital sekarang ini.

Tampilan fitur dari aplikasi Kentongan

Kentongan, aplikasi keren buat meringkus maling tanpa teriak-teriak

Aplikasi Kentongan ini, lanjut Saddam, membutuhkan satu pengguna yang bertugas sebagai ketua RT, yang mana Ketua RT ini kemudian akan memasukkan data warga di lingkungannya. Mulai dari nama, nomor handphone, email serta lokasi rumah. Dengan data yang sudah diinput ketua RT tersebut, warga yang didaftarkan akan mendapatkan akses masuk dalam aplikasi dengan nomor PIN yang dikirim ke nomor handphone warga yang didaftarkan.

Saat ditanya kenapa memilih lingkup RT, Saddam menjelaskan jika lingkup terkecil di Indonesia ada di RT.

"Jika lingkupnya desa, kami takut terlalu besar. Selain itu ketua RT tentu lebih mengenal dengan baik warganya sendiri," kata Saddam saat ditemui brilio.net dalam acara Jambore Desa 2015 di Wulungsari, Wonosobo, Selasa, (15/12) .

lebih jauh, dia mengungkapkan melalui aplikasi ini, laporan ke Ketua RT juga dapat langsung dilakukan walaupun ketua RT sedang tidak di tempat. Begitu juga setiap warga akan dapat langsung mendapatkan informas dari ketua RT dimana pun dia berada. Selain itu yang paling bermanfaat adalah, ketika salah seorang warga memilih fitur Tanda Bahaya kentongan saat salah seorang warga sedang dalam kondisi bahaya seperti adanya pencurian, kebakaran, kecelakaan atau bencana alam, seluruh warga yang sudah memasang aplikasi tersebut di smartphonenya akan mendapatkan alarm berbunyi kentongan.

"Warga akan mendapatkan sinyal alarm berbunyi kentongan, lengkap dengan nama warga, lokasi rumah, nomor telepon dan jenis bahaya yang dipilih. Jadi semisal ada maling tidak perlu teriak-teriak, langsung warga bisa mengepung maling tersebut tanpa ada teriak-teriakan yang justru membuat maling kabur," pungkas Saddam.

Wah, perlu dicoba nih aplikasinya, bisa bermanfaat ya.