Brilio.net - Amru ibnu Jamuh adalah seorang yang terpandang di kota Madinah yang juga pemuka di Bani Salamah. Dia memiliki empat orang putra, salah satunya Mu'adz yang telah berislam mendahului ayahnya. Sebagaimana umumnya para pemuka kaumnya, Amru pun memiliki patung sesembahan di rumahnya. Patung itu dia beri nama Manaf.

Putranya Mu'adz merupakan salah seorang yang gigih dan setia dalam dakwah Islam. Dia memiliki seorang sahabat yang bernama sama yaitu Mu'adz ibnu Jabal. Keusilan dua Mu'adz bermula dari sepakatnya mereka menjadikan patung Manaf sebagai mainan. Suatu malam mereka jatuhkan patung itu ke dalam lubang tempat orang-orang membuang kotoran.

Esok hari Amru ibnu Jamuh marah besar namun dia tak bisa menemukan siapa pelakunya. Dia lantas membersihkan Manaf dan memberinya wewangian.

Malam berikutnya dua Mu'adz berulah lagi. Paginya sang ayah murka lagi, namun tetap tak bisa membuktikan seorang pun sebagai pelaku. Hal ini terus terjadi hingga suatu malam Amru meletakkan sebilah pedang pada patung Manaf sebagai bekal si patung melindungi diri ketika ada yang mencelakakannya.

Esok hari Amru kembali melihat Manaf di lubang yang sama seperti hari-hari sebelumnya. Bahkan posisinya lebih mengenaskan karena bersama bangkai anjing yang diikatkan pada tubuh Manaf.

Beberapa pemuka Madinah yang melihat kemarahan Amru mendekatinya untuk menenangkan. Mereka lantas menceritakan tentang keluhuran budi Muhammad serta agama yang dibawanya. Tak butuh waktu lama bagi Amru untuk menimbang agama yang diceritakan sebagai pemberi cahaya kehidupan yang menghidupkan ruh itu.

Amru ibnu Jamuh lantas membersihkan diri dengan tak lupa memakai wewangian untuk menemui Muhammad SAW demi menyatakan keislaman.

PERLU JUGA KAMU BACA:

Ini asal usul nama Muhammad

Bukan Khadijah cinta pertama Muhammad, tapi ini lho wanita itu

Di zaman Muhammad SAW, imsak ditandai selesainya bacaan Qur'an 50 ayat

Undian yang menyelamatkan ayah Muhammad SAW

Pemuda ini lebih memilih Muhammad daripadanya orangtuanya sendiri

BERITA TERKAIT YANG WAJIB KAMU BACA:

Begini ceritanya kenapa Raden Paku akhirnya bisa dipanggil Sunan Giri

Kisah terenyuh Sunan Giri, saat bayi dibuang ke laut oleh kakeknya

Kisah Wali Sanga, alat musik tradisional bikin orang masuk Islam

Mengenal peletak dasar-dasar kerajaan Islam pada era Wali Songo

'Tapa ngeli', cara Sunan Muria menyebarkan ajaran Islam

Ternyata Fatahillah bukan Sunan Gunung Jati, ini penjelasannya

Ini asal usul falsafah dahsyat Moh Lima besutan Sunan Ampel

Tokoh punakawan, peninggalan Sunan Kalijaga sewaktu berdakwah

Kisah Sunan Kudus yang berhasil sembuhkan wabah penyakit di Arab

Shalat minta hujan Sunan Gresik selamatkan gadis yang akan jadi tumbal

Ini penjelasan kenapa semua Wali Songo terletak di pesisir utara Jawa