Brilio.net - Era serba moderen seperti sekarang ibarat dua mata pedang. Di satu sisi sangat menguntungkan karena semua bisa dilakukan serba instan. Tapi di sisi lain juga menggusur siapa saja yang tak bisa mengikuti perkembangan. Khususnya di kota metropolitan seperti Jakarta.

Lihat saja profesi yang dulu sangat banyak ditemui di setiap sudut kota, kini nyaris punah. Keberadaan sejumlah profesi ini makin langka akibat tergerus kemajuan teknologi. Profesi apa saja ya? Yuk kita telisik seperti dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (15/3).

1. Tukang patri.

tukang jakarta © 2016 brilio.net

Loading...

Dulu profesi yang satu ini sangat dibutuhkan masyarakat untuk memperbaiki peralatan logam yang rusak mulai dari atap seng rumah hingga panci bocor. Kini makin berkembangnya penggunaan plastik membuat profesi ini tak lagi punya tempat di hati warga Jakarta. Duh kasihan ya...

2. Tukang balon keliling.

tukang jakarta © 2016 brilio.net

Profesi ini dulu sangat digemari anak-anak. Kini sudah sangat jarang anak-anak yang punya keinginan bermain balon. Mereka lebih memilih gadget.

3. Tukang abu gosok.

tukang jakarta © 2016 brilio.net

Kalau profesi yang satu ini dulu sangat ditunggu kaum ibu. Dagangan mereka dibutuhkan untuk campuran mencuci piring. Kini, abu gosok tinggal kenangan setelah maraknya sabun cair pencuci piring.

4. Tukang cukur keliling.

tukang jakarta © 2016 brilio.net

Profesi ini dulu paling sering diburu bagi mereka yang ingin tampil lebih rapih. Kini kita tak akan lagi mudah menemui profesi yang juga sering dijuluki DPR (Di bawah Pohon Rindang) ini dengan alat cukur khas yang disebut helikopter.

5.  Tukang gulali.

tukang jakarta © 2016 brilio.net

Satu lagi profesi yang selalu menjadi incaran anak-anak dengan dagangannya yang manis. Kini gulali modern sudah masuk mal besar. Keberadaan tukang gulali keliling pun makin tersingkir.

6. Tukang rujak bebek.

tukang jakarta © 2016 brilio.net

Profesi yang satu ini meski masih bisa ditemui di beberapa sudut Jakarta, tapi sudah mulai berkurang populasinya.

7. Tukang timbang badan.

tukang jakarta © 2016 brilio.net

Dulu kita masih sangat gampang menemui profesi yang menawarkan jasa timbang badan. Kemajuan teknologi membuat orang tidak lagi terlalu membutuhkan profesi ini.

8. Tukang servis payung.

tukang jakarta © 2016 brilio.net

Dulu hampir setiap hari kita bisa menemui profesi yang satu ini. Kini dengan makin murahnya harga payung membuat orang lebih memilih beli yang baru ketimbang diperbaiki.

9. Tukang es goyang.

tukang jakarta © 2016 brilio.net

Profesi yang satu semakin jarang ditemui di Jakarta. Keberadaan es krim modern yang menawarkan aneka rasa membuat es goyang tak lagi diminati.