Brilio.net - Cerita yang ada di dunia ini tidak bisa terlepas dari perbedaan waktu. Begitu juga dengan cerita romantis. Saat ini kamu bisa saksikan romantisme anak muda dengan berbagai cara dan didukung oleh kecanggihan teknologi di era digital.

Tentunya sangat berbeda pula cerita romantisme di era sebelum digital. Terutama bagi orang yang merasakan perjuangan di mana teknologi dan digital belum secanggih saat ini. Dan, berikut ini perbedaan-perbedaan yang dirangkum brilio.net, Selasa (8/9).

1. Dulu telepon pacar lewat wartel atau telepon umum, sekarang pakai handphone

Masih ingat, warung telekomunikasi (wartel) atau telepon umum dulu. Keberadaannya menjadi penting sebagai sarana komunikasi bagi siapa saja, termasuk yang pacaran.  Bandingkan dengan saat ini, kemudahan berkomunikasi begitu terasa, hanya cukup di rumah sambil tiduran udah tersambung ke telepon pacar.

2. Dulu kirim salam via radio, sekarang tinggal update status medsos

Nostalgia dengan atensi radio, tiap pulang sekolah nongkrongin siaran khas anak muda di channel frekuensi favorit. Siapa tau ada yang kirim-kirim salam plus lagu romantisnya dari gebetan. Sekarang, gak usah pakai radio, tinggal update lagu kesukaan di medsos tag si doi, kelar.

3. Dulu apel malam minggu, sekarang bisa kapan saja

Mau main ke rumah pasangan, tunggu malam minggu dulu. Lumrahnya waktu apel ke rumah pacar hanya malam minggu, selain itu izinnya juga gampang karena besok Minggu adalah hari libur. Sekarang, malam minggu bukan waktu pilihan lagi, seberapa pentingnya waktu untuk bertemu, berangkat.

4. Dulu bawain martabak atau bakso, sekarang makan berdua di luar

Dulu nggak tahu kenapa bakso sama martabak jadi salah satu makanan yang harus dibawa saat apel malam minggu, selain bisa nikmatin bareng di rumah si doi tentunya buat hadiah sama keluarganya. Sekarang, lebih banyak makan di luar bareng pacar biar kekinian.

5. Dulu kasih pantun, sekarang kasih bunga

Dulu agar si doi bahagia dibela-belain buatin pantun se-romantis mungkin, kadang pula pantun yang romantis disimpen rapi sama si doi mungkin berharga banget. Sekarang, tinggal beli bunga mawar merah dan kasih saat di doi bukain pintu rumah, surprise!

2 dari 2 halaman


6. Dulu kencan di pos ronda, sekarang di kafe

Katanya sih dulu kalau kencan sama si doi di pos ronda, mungkin keamanan selalu terjamin sama hansip. Sekarang, muter-muter cari kafe favorit dan epik buat foto-foto.

7. Dulu foto ditempel biar tampak berdua, sekarang selfie

Masih inget di lemari teman sekolah, ada foto di tempel dia dan pacarnya. Kelihatannya dipaksakan digabung, tapi kelihatan romantis. Sekarang gak perlu repot gabungin foto pacar, tinggal foto selfie berdua.

8. Dulu mau ketemu janjian dulu, sekarang langsung ke rumahnya

Kirim surat buat janjian ketemu, kalau si doi mau tinggal persiapkan penampilan yang terbaik biar nggak mengecewakan. Sekarang, nggak usah pakai surat buat janjian ketemu doi. Tanpa disangka udah di depan rumah doi sambil bawa bunga.

9. Dulu kirim pesan pakai surat, sekarang BBM-an atau WA-an

Tidak sedikit yang masih menyimpan surat-surat cinta kenangan masa lalu sebelum digital dan teknologi secanggih saat ini.

Bahkan, membacanya pun kadang berulang-ulang dan surat-suratan tidak selalu tiap hari dilakukan. Sekarang, kirim pesan begitu mudahnya bahkan bisa puluhan kali dam sehari.