Brilio.net - Perayaan hari raya Idul Fitri adalah sesuatu yang sangat di tunggu-tunggu oleh seluruh penduduk muslim yang ada di seluruh dunia. Tradisi lebaran memang menjadi ciri khas tersendiri yang membuat lebaran menjadi momen yang bermakna.

Berikut 7 tradisi unik perihal tradisi lebaran yang dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Minggu (19/7).

1. Arab Saudi
Jika di Indonesia lebaran identik dengan berbagai makanan lezat, beda halnya di Riyadh, Arab, Saudi, jika lebaran tiba maka suasana di negara tersebut akan kental dengan acara kesenian. Sejumlah pagelaran akan diadakan, mulai dari teater, baca puisi, pertunjukan musik hingga parade.

2. China
Tradisi di China saat menyambut hari lebaran adalah mengunjungi makam leluhurnya. Bahkan tradisi tersebut dilakukan khusus untuk menghormati ratusan ribu muslim yang tewas selama Dinasti Qing. Saat hari lebaran,  para pria akan mengenakan jas khas dan kopiah putih, sedangkan wanita akan memakai baju hangat dan kerudung setengah tertutup.

3. Turki
Satu yang unik yang tidak pernah absen jika lebaran di Turki adalah festival gula atau seker bayram. Seker bayram sendiri merupakan sebutan lain untuk hari raya idul fitri. Di hari itu, semua orang akan mengantarkan manisan ke rumah-rumah tetangga terdekat setelah melakukan sungkeman.

4. Australia
Perayaan lebaran di negara Kanguru terbilang cukup meriah. Meskipun bukanlah negara muslim, namun pemerintah tetap menetapkan hari libur saat lebaran dan mereka akan mengeluarkan aturan bahwa seluruh umat muslim di Australia berhak untuk menggunakan jalan umum untuk melakukan shalat ied.

5. Afrika Selatan
Di akhir Ramadan, seluruh masyarakat muslim Afrika Selatan akan berkumpul di Green Point, Cape Town, mereka akan berbuka bersama dan melakukan takbir menyambut hari raya.

6. Amerika Serikat
Keunikan lebaran di Amerika Serikat bukanlah perihal makanan atau pernak perniknya, melainkan penentuan waktunya. Jika di Indonesia dilakukan sidang isbat untuk penetapan hari lebaran, maka di Amerika Serikat hal tersebut tidak terjadi. Sehingga penduduk Amerika Serikat akan mengonfirmasi penetapan 1 syawal melalui kerabat mereka dengan sambungan telpon ataupun email.

7. India
Keberadaan penduduk muslim di India terbilang cukup banyak. Biasanya mereka akan merayakan lebaran di New Delhi. Ibu kota dari India tersebut memang menjadi pusat perayaan lebaran. Hidangan yang tidak pernah absen saat lebaran di India adalah siwaiyaan, yaitu makanan bihun manis kering yang disajikan dengan susu.

HOT NEWS:

12 Pesan typo yang bikin orang salah paham

30 Nama Wi-Fi kocak yang bakal bikin kamu ngakak guling-guling!

17 Label baju kocak bin ngakak

15 Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 1)

Meme kocak THR yang bikin waktu nunggu THR nggak berasa (seri 2)

24 Meme skripsi yang akan membuatmu meringis

20 Rasa rindu ini hanya dimengerti kamu yang pernah tinggal di Jogja

22 Gambar ini membuktikan kenapa fotografer adalah profesi yang keren!

12 Foto tato orang yang salah tulis, apes betul mereka ini!