Brilio.net - Cantik itu sakit, butuh perjuangan. Kamu setuju?

Faktanya tak sedikit perempuan berusaha tampil cantik namun merelakan diri mengalami kesakitan yang bisa saja membahayakan kesehatannya sendiri. Mau tahu apa saja kebiasaan demi cantik yang justru menyakiti diri sendiri?

Sebagaimana dilansir brilio.net dari The Loop, Jumat (6/11), berikut 7 kebiasaan tersebut.

1. Sering menggunakan sepatu hak tinggi

Blessyl Buan, seorang dokter ahli chiropractor dan instruktur pilates menyatakan bahwa hobi memakai sepatu hak tinggi selama bertahun-tahun (atau seumur hidup) dapat menyebabkan rasa sakit kronis dan kerusakan permanen pada sendi. Ketika kamu memakai sepatu hak tinggi maka tumpuan seluruh beban tubuh akan ada di kaki. Hal ini dapat menyebabkan penyempitan pada pembuluh darah. (Baca: Ladies, jangan asal pilih high heels). Solusinya adalah cobalah mengenakan sepatu flat atau yang berhak rendah untuk memvariasi penggunaan sepatu hak tinggimu.

Loading...

2. Membawa tas terlalu berat

Blessyl menyatakan bahwa membawa tas terlalu berat bisa menganggu kesehatan postur tubuhmu, misalnya menyebabkan tulang rusuk disfungsi, sakit kronis pada leher dan kepala, dan nyeri punggung. Solusinya adalah bawa saja barang yang kamu butuhkan di dalam tas. Kalau terpaksa membawa barang banyak, pisahkan ke dalam dua tas berbeda supaya tidak menambah beban di pundakmu. (Baca: Suka bawa tas? Waspadai 5 kebiasaan yang membahayakan ini)

3. Anting terlalu berat

Anting yang terlalu berat dapat menarik lobus telinga dan membuat nyeri pada leher dan bahu. Belum lagi, bisa menyebabkan sakit kepala. Untuk mengatasinya, lebih baik pilih anting-anting yang terbaut dari bahan lebih ringan atau membatasi penggunaan anting-anting berat untuk acara-acara khusus.

4. Menggunakan bra yang salah

"Mengenakan bra yang terlalu ketat membatasi tulang rusuk dari perluasan sepenuhnya. Akibatnya, diafragma tidak bisa turun ke kisaran penuh sehingga lobus bawah paru-paru dapat diisi dengan udara. Hal ini menyebabkan kamu bernapas pendek sehingga bisa merasa sakit leher dan bahu, nyeri punggung, dan sakit kepala," terang Blessyl. Solusi yang bisa kamu terapkan adalah selalu cari dan gunakan bra yang tepat, dan sebisa mungkin bebas kawat supaya nyaman dipakai.

5. Memakai sandal jepit

Blessyl menyatakan bahwa sandal jepit tidak direkomendasikan digunakan untuk kaki karena bentuknya tidak mendukung lengkungan telapak kaki atau sekitar tumit saat berjalan-jalan. Hal ini menyebabkan nyeri punggung, nyeri pada tumit, otot betis sakit, kaki lecet, sampai nyeri lutut. Nah, untuk mengatasinya, batasi memakai sandal jepit terlalu sering. Kalau memang suatu kegiatan perlu menggunakan sepatu, pakai saja sepatu untuk melindungi kakimu dari cedera.

6. Memakai terlalu banyak gelang berat

Tak peduli gelang terbuat dari kayu, logam, maupun plastik, ternyata berpotensi membahayakan pergelangan tangan kamu, salah satunya mengiritasi saraf radial yang menyambung ke pangkal ibu jari. Terlebih kalau terlalu berat dan banyak, akan menambah beban bagi pergelangan tanganmu. Solusi untuk masalah ini adalah cobalah hanya memakai satu atau dua gelang saja dan agak dorong ke atas lengan tanganmu supaya tidak terpasang longgar tepat di pergelangan tangan. Risih juga kan, menggunakan gelang terlalu longgar?

7. Memakai pakaian ketat

Semuanya yang terlalu sempit rasanya tidak nyaman, kan? Termasuk berpakaian. Salah-salah bisa menghambat peredaran darah tubuhmu sehingga menimbulkan rasa sakit di sekujur tubuh. Maka dari itu, pakailah pakaian yang pas di badan cenderung longgar. Biar kamu aman dan nyaman menjalani aktivitas sehari-hari kamu.

Bagaimana, ladies, siap meninggalkan kebiasaan buruk di atas?