Brilio.net - Banyak orang yang kadang ingin sekali hidup di luar negeri. Padahal jika dilihat dari biaya hidup, Indonesia termasuk negara dengan biaya hidup termurah. Bagaimana tidak murah jika dengan uang Rp 10.000 saja kita bisa mendapat makan lengkap seperti nasi padang.

Coba jika di Amerika, dengan uang Rp 10.000 belum tentu kamu mendapat segelas kopi. Bahkan barang-barang yang kamu anggap sepele dan mudah ditemukan di Indonesia ternyata sangat jarang di luar negeri.

Kalaupun ada harganya bisa mencapai berkali-kali lipat. Gak percaya? Simak saja kumpulan 5 barang Indonesia yang menjadi mahal di luar negeri:

1. Tempe

5 Barang yang murah di Indonesia tapi ternyata mahal di luar negeri
Percaya gak percaya makanan yang terbuat dari biji kedelai ini laris manis lho di negara Eropa. Namun kamu jangan kaget jika harganya bisa mencapai 1,79 Euro atau Rp 25.000 per potong kecil. Padahal jika di Indonesia tempe bisa kamu temukan di mana saja dengan harga Rp 2.000 saja.

2. Gorengan

5 Barang yang murah di Indonesia tapi ternyata mahal di luar negeri
Segala jajanan gorengan mulai dari pisang goreng, pastel dan lain-lain akan menjadi sangat mahal jika sudah masuk ke Belanda.

Satu pisang goreng yang harganya hanya Rp 1.000 saja di Indonesia bisa melonjak menjadi 5 Euro atau Rp 62.000 per buahnya. Nah lho, masih mau menyepelekan pisang goreng?

3. Mi instan

5 Barang yang murah di Indonesia tapi ternyata mahal di luar negeri
Semua orang Indonesia rasanya jika ditanya apakah pernah mencicipi mie instan, pasti jawabannya 98% sudah pernah. Apalagi bagi yang namanya mahasiswa, mie instan rasanya sudah menjadi teman-teman sehari dan tidak bisa dilepaskan dari menu makanan bulanan.

Namun jika kamu menjadi mahasiswa di Jepang harus gigit jari. Pasalnya harga indomie di Tokyo ternyata bisa naik 4x lipat, yakni 85 yen atau sekitar Rp 9.000. Nah lho?

4. BBM

5 Barang yang murah di Indonesia tapi ternyata mahal di luar negeri
Kita sering mengeluh dengan harga BBM yang dirasa naik turun setiap waktu. Padahal Indonesia sudah termasuk murah untuk ukuran harga BBM. Jika dibandingkan dengan negara lainnya, BBM bisa menjadi sangat mahal. Contohnya di Belanda, harga BBM bisa mencapai Rp 18.800 atau di Turki Rp 22.000.

5. Sandal jepit

5 Barang yang murah di Indonesia tapi ternyata mahal di luar negeri
Sandal jepit yang biasanya sering kita pakai buat ke toilet pun bisa jadi mahal jika sudah dipakai artis luar negeri. Beberapa waktu lalu, salah seorang anggota boyband pernah memakai sandal jepit di bandara Seoul setelah pulang dari Indonesia.

Setelah itu para fansnya dari seluruh dunia langsung heboh mencari sandal jepit yang sama. Akhirnya oleh orang Indonesia sandal jepit pun dijual online di Ebay dengan harga mencapai USD 20 atau sekitar Rp 250.000. Wah..wah..

BACA JUGA:

Begini penjelasan kenapa maghrib & tengah malam identik dengan mistis

VIDEO: Kisah sepasang sepatu bekas yang akan membuatmu menangis

Sarapan buah bukan cuma buat gaya-gayaan, tapi bikin kamu lebih sehat!

Kamu sering gemetaran? Hati-hati mungkin itu gejala Multiple Sclerosis

Duh, terobsesi dengan makanan sehat bisa bikin gejala gangguan makan!

Cermati ubanmu, bisa jadi itu adalah gejala kanker, hati-hati!

Ini kandungan menu sarapan yang baik, sudahkah sarapanmu memenuhi?