Brilio.net - Uang menjadi alat pembayaran yang sah bagi transaksi perdagangan manusia. Di Indonesia uang yang beredar dalam bentuk uang kartal terdiri dari uang kertas dan uang logam (koin). Tapi karena nilainya yang relatif kecil, uang logam seringkali diremehkan dan ditelantarkan begitu saja. Padahal, nggak cuma untuk jual beli, uang logam ternyata mempunyai fungsi yang lain lho.

Kira-kira apa saja ya guys? Berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, 12 fungsi lain dari uang logam, Selasa (26/1). Dijamin kamu nggak bakal nyangka deh!

1. Buat kerokan

12 Fungsi tak terduga uang logam ini bikin kamu geleng-geleng kepala

foto: brilio.net

Loading...

Siapa yang suka kerokan jika nggak enak badan? Kerokan bagi sebagian orang Indonesia merupakan cara ampuh untuk mengobati masuk angin. Biasanya uang logam yang digunakan membuat punggung merah-merah. Karena populernya gaya kerokan ada bermacam-macam.

Baca Juga: 11 Gaya kerokan ini paling lucu, bikin ngakak sampai perut mules!

2. Gosok voucher

12 Fungsi tak terduga uang logam ini bikin kamu geleng-geleng kepala

foto: istimewa

Bagi anak generasi 90an pasti sangat akrab menggunakan koin untuk menggosok voucher. Pasalnya waktu itu pulsa telepon sering kali dibeli dalam bentuk voucher. Di sini uang logam menjadi benda yang dicari untuk menggosok nomor yang tersembunyi di balik hologram. Nggak cuma gosok voucher, uang logam juga sering digunakan untuk menggosok hologram dari bungkus minuman dan minuman yang berisi hadiah. Hayo kamu sering ngelakuin nggak?

3. Alat penentu bagi wasit

12 Fungsi tak terduga uang logam ini bikin kamu geleng-geleng kepala

foto: bolaindonesia2.blogspot.com

Bagi wasit sepak bola uang logam nggak cuma buat untuk membayar kopi lho guys. Tapi setiap pertandingan digelar, uang logam itu penting banget bagi wasit untuk menentukan keputusan di antaranya pembagian tempat bermain. Bahasa kerennya sih 'tos-tosan'. Dan yang menariknya lagi, uang logam Indonesia ternyata pernah muncul di Piala Dunia.

Tepatnya pada Piala Dunia tahun 1974. Ketika itu wasit Jack Taylor memimpin pertandingan final antara tuan rumah Jerman Barat VS Belanda. Untuk menentukan siapa yang kick off duluan Jack menggunakan koin khusus yang dibuat Bank Indonesia. Uang logam seberat 25,31 gram keluaran tahun 1974 itu memiliki dua sisi, yaitu sisi belakang bergambar burung garuda beserta teks Bank Indonesia dan sisi depan bergambar harimau Jawa.

4. Alat keberuntungan

12 Fungsi tak terduga uang logam ini bikin kamu geleng-geleng kepala

foto: keluargadominick.blogspot.com

Bagi sebagian orang uang logam juga bisa digunakan sebagai alat untuk meraih sebuah keberuntungan. Salah satu yang paling terkenal di seluruh dunia sih melempar koin uang logam ke dalam air mancur Trevi Mountain di Kota Roma, Italia. Konon katanya jika kamu berhasil melempar koin ke dalam Trevi Mountain sambil membelakangi kolam, maka suatu hari nanti kamu akan kembali lagi ke Kota Roma. Uniknya lagi, diperkirakan sebanyak 3000 Euro uang logam dilemparkan ke kolam Trevi Mountain setiap harinya, wow!

5. Media solidaritas

12 Fungsi tak terduga uang logam ini bikin kamu geleng-geleng kepala

foto: istimewa

Siapa yang masih ingat Koin untuk Prita? Atau Koin untuk Bilqis? Atau mungkin yang terbaru Koin untuk Australia? Yap, ketiganya merupakan contoh gerakan yang membuktikan kalau uang logam juga bisa digunakan sebagai media solidaritas. Jadi nggak cuma digunakan sebagai alat pembayaran, koin juga efektif untuk menggerakkan massa dalam jumlah besar untuk melakukan aksi sosial.

6. Bahan koleksi

12 Fungsi tak terduga uang logam ini bikin kamu geleng-geleng kepala

foto: id.aliexpress.com

Bagi kamu yang suka koleksi barang-barang tertentu, mungkin nggak ada salahnya kamu mempertimbangkan untuk mengoleksi uang logam. Koin yang dikoleksi bisa dari berbagai negara atau cukup dari Indonesia dengan nilai tertentu. Lumayan hitung-hitung belajar investasi.

7. Main dingdong

12 Fungsi tak terduga uang logam ini bikin kamu geleng-geleng kepala

foto: loperonline.com

Siapa yang dulu suka main dingdong? Bagi mereka generasi 90an permainan dingdong terdengar nggak asing. Kalau sudah ngomongin dingdong, pasti pasangannya koin. Karena cuma koin yang bisa bikin mesin dingdong bergerak. Biasanya sih dulu pakainya uang logam 100 rupiah yang besar itu. Hayo kamu ngalamin nggak?

8. Alat bantu gambar lingkaran

12 Fungsi tak terduga uang logam ini bikin kamu geleng-geleng kepala

foto: istimewa

Bagi anak TK atau SD, uang logam juga penting lho. Nggak cuma buat beli jajan, koin ini biasanya dipakai untuk menggambar matahari atau bulan. Maksudnya sih biar gambar lingkarannya nggak melenceng gitu, jadi ya pakai koin aja.

9. Cabut jenggot

12 Fungsi tak terduga uang logam ini bikin kamu geleng-geleng kepala

foto: istimewa

Salah satu fungsi uang logam adalah untuk mencabut jenggot. Nggak cuma jenggot,  rambut lainnya juga bisa dicabut juga, seperti bulu ketek. Caranya gampang aja. Siapkan dua buah koin dan posisikan berdampingan, lalu gunakan seperti potongan kuku. Jadi deh.

10. Pendingin modem

12 Fungsi tak terduga uang logam ini bikin kamu geleng-geleng kepala

foto: nomor2.blogspot.com

Siapa yang mengira kalau koin juga bisa digunakan untuk mendinginkan modem? Panas berlebih yang ditimbulkan modem ketika digunakan terkadang membuat performanya menurun. Cara mengatasinya cukup mudah, tinggal letakkan koin di atas modem. Tapi pastikan koin yang digunakan adalah koin yang berbahan aluminium seperti uang logam Rp 500. Secara otomatis uang koin akan menyerap panas yang dikeluarkan modem. Alhasil modem kamu bebas dari kepanasan.

11. Jadi kerajinan tangan

12 Fungsi tak terduga uang logam ini bikin kamu geleng-geleng kepala

foto: ragamkerajinantangan.blogspot.com

Kalau kamu punya kreativitas tinggi dan doyan bikin kerajinan tangan, mungkin nggak ada salahnya mencoba membuat sebuah kerajinan tangan dari uang koin. Kayak gambar di atas ini contohnya.

12. Buat mahar pernikahan

12 Fungsi tak terduga uang logam ini bikin kamu geleng-geleng kepala

foto: lkpnoeralita.wordpress.com

Nah, kalau kamu sudah bisa membuat kerajinan tangan dari uang logam, kerajinan tadi bisa dikembangkan lagi jadi mahar pernikahan. Biasanya mahar di Indonesia berbentuk kerajinan dengan bahan baku utama berupa uang kertas atau koin. Dijamin laris deh.