Brilio.net - Kesehatan tubuh jangan sampai diabaikan lho. Jika memang kamu mulai merasa ada perubahan secara fisik maupun merasakan tanda yang nggak biasa, sebaiknya kamu segera cek kesehatanmu ke dokter.

Apalagi, musim pancaroba seperti ini, tubuh rentan terserang penyakit. Berikut 10 tanda yang membantu kamu lebih peka terhadap masalah kesehatan, dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Rabu (18/11):

1. Muncul kantung mata

10 Tanda jika tubuhmu mulai nggak sehat, hati-hati ya!foto: http://s1212.photobucket.com

Kantung mata bisa muncul saat kamu merasa kelelahan, kurang tidur bahkan hal ini alami terjadi sebagai tanda penuaan. Namun, sebaiknya jangan kamu abaikan kantung mata ya guys, karena selain mengganggu penglihatan dalam jangka panjang bisa membuat masalah mata yang serius.

Loading...

2. Telinga berkerut

10 Tanda jika tubuhmu mulai nggak sehat, hati-hati ya!

foto: http://health.dekiben.com

Jika telingamu tiba-tiba terlihat berkerut seperti telinga orangtua, ini bisa jadi tanda penyakit jantung lho guys. Hal ini karena banyaknya kerutan menunjukkan elastisitas jantung yang berkurang sehingga mempengaruhi arteri.

3. Bibir pecah-pecah

10 Tanda jika tubuhmu mulai nggak sehat, hati-hati ya!foto: http://fajar.co.id

Bibir kering dan pecah-pecah bisa menjadi tanda kamu kekurangan vitamin B12. Bibir pecah-pecah jika dibiarkan akan berubah menjadi infeksi berbahaya.

4. Wajah kemerahan

10 Tanda jika tubuhmu mulai nggak sehat, hati-hati ya!foto: http://www.ledisia.com

Wajahmu sering berubah merah saat malu, marah atau kepedasan? Meskipun wajar namun jika dibiarkan terus menerus hal ini dapat mempengaruhi kesehatan mata dan bisa jadi malah menjadi tanda penyakit lupus.

5. Kulit merinding

10 Tanda jika tubuhmu mulai nggak sehat, hati-hati ya!foto: merdeka.com

Nah jika terus-terusan kulit kamu merinding tanpa sebab ini bisa salah satu tanda keratin yang tumbuh berlebihan.

6. Selalu merasa gatal

10 Tanda jika tubuhmu mulai nggak sehat, hati-hati ya!foto: http://goldgbioseacucumber.org/

Jika gatal disebabkan oleh gigitan serangga atau alergi mungkin wajar. Tapi jika gatal secara terus menerus bisa jadi kamu menderita gejala penyakit hati lho Guys.

7. Muncul masalah kulit, seperti jerawat

10 Tanda jika tubuhmu mulai nggak sehat, hati-hati ya!

foto: http://www.kawankumagz.com/

Masalah kulit, wajah terutama juga bisa menjadi gejala munculnya penyakit. Coba lihat wajahmu di depan cermin dan amati apakah ada psoriasis, eksim, ruam-ruam bahkan jerawat yang sepertinya nggak lazim. Kalau iya lebih baik segera konsultasikan ke dokter ya Guys.

8. BAB nggak lancar

10 Tanda jika tubuhmu mulai nggak sehat, hati-hati ya!

foto: http://susahbab.com

Pencernaan sehat juga menandakan kesehatanmu. Jika kamu sudah berhari-hari tidak mengeluarkan isi perut bisa jadi tanda masalah kesehatan di ususmu lho.

9. Warna urine kamu berubah menjadi lebih gelap

10 Tanda jika tubuhmu mulai nggak sehat, hati-hati ya!foto: merdeka.com

Warna urine yang sehat adalah kuning bening. Nah, jika kamu mendapati urine berwarna kuning gelap bisa jadi kamu mengonsumsi makanan yang salah atau bisa jadi masalah dari ginjal.

10. Mendengkur

10 Tanda jika tubuhmu mulai nggak sehat, hati-hati ya!

foto: http://img2.wikia.nocookie.net

Jika tiba-tiba kamu tidur mendengkur, bisa jadi salah satu tanda kamu mengalami gangguan tidur yang ditandai dengan obstruksi di saluran napas dan dapat meningkatkan risiko hipertensi pulmonal dan gagal jantung.