Brilio.net - Memulai bisnis tentu saja diawali dengan sebuah ide.  Namun seringkali ide menjadi kendala ketika ada niatan untuk membuka usaha. Kadang kita merasakan bahwa niat sudah ada, namun bingung bagaimana cara memulainya dan ingin usaha di bidang apa.

Tenang Guys, berikut ini Brilio.net telah merangkum dari berbagai sumber 10 cara yang layak kamu coba untuk mendapatkan ide bisnis yang brilian, Kamis (18/2):

1. Amati keadaan sekelilingmu

10 Cara menggali ide bisnis ini layak kamu coba

foto: giphy

Loading...

Hal yang paling mudah dilakukan adalah amatilah keadaan sekeliling. Bisnis yang berhasil adalah saat bisnismu itu banyak dicari maupun dibutuhkan orang. Kamu bisa menanyakan atau survey kecil-kecilan kepada teman-temanmu, barang apa yang paling mereka butuhkan atau kebanyakan uang mereka itu habis untuk apa. Nah, kamu bisa mengambil celah dari sana.

2. Pergi ke pasar

10 Cara menggali ide bisnis ini layak kamu cobafoto: eastjava.com

Pasar adalah tempat berlangsungnya transaksi jual-beli antara pedagang dan pembeli. Jalan-jalanlah sebentar ke pasar, lalu amati. Siapa tahu kamu bisa menemukan peluang bagus buat bisnismu.

3. Baca buku

10 Cara menggali ide bisnis ini layak kamu coba

foto: giphy

Banyak kok sekarang para pengusaha sukses yang menuliskan kisah maupun berbagi ilmu lewat buku. Coba deh belajar dari buku-buku bisnis tersebut. Semoga wawasanmu juga ikut terbuka dan mendapat ide setelahnya.

4. Cobalah mengikuti seminar

10 Cara menggali ide bisnis ini layak kamu cobafoto: iloveaceh.org

Saat ini juga semakin banyak kok EO yang mengadakan seminar-seminar bisnis dengan pembicara yang handal dan berpengalaman. Nggak ada ruginya jika kamu sekali-kali mengikuti seminar mereka. Yakin deh, pasti akan banyak hal yang bisa kamu dapatkan dan berguna untuk menemukan bisnis impian kamu.

5. Datanglah ke pameran dagang

10 Cara menggali ide bisnis ini layak kamu cobafoto: sparksheet.com

Jika kamu bingung mau memulai membuka bisnis apa, coba deh sambangi pameran-pameran dagang atau bisnis di kotamu. Amati dan kamu pun akan tahu apa saja yang masih banyak dicari dan tren bisnis apa yang sekarang sedang in.

6. Tren bisnis online

10 Cara menggali ide bisnis ini layak kamu cobafoto: moewius.de

Nah, zaman sekarang pun bisnis online sudah umum digunakan. Kamu pun bisa mencari ide-ide dari sana. Berselancarlah di dunia maya, maupun media sosial. Apa yang sedang tren, apa yang banyak dicari orang akan sangat mudah kamu temukan.

7. Perbanyak Relasi

10 Cara menggali ide bisnis ini layak kamu coba

foto: giphy

Memiliki relasi dalam berbisnis itu sangat penting. Jika kamu banyak memiliki teman yang juga terjun ke dunia bisnis kamu bisa minta mereka untuk mengajarimu. Atau sekedar kamu mintai pendapat, setiap orang yang kamu temui pasti akan memiliki jawaban yang berbeda-beda. Sehingga kamu bisa mempertimbangkannya, yang mana yang patut kamu coba.

8. Mengobrol dengan orang baru

10 Cara menggali ide bisnis ini layak kamu coba

foto: giphy

Saat di tempat umum, janganlah kamu hanya sibuk dengan gadgetmu. Coba deh ajak ngobrol orang baru di sampingmu. Siapa tahu dari mereka kamu bisa mendapatkan sesuatu yang baru dan berguna untuk membangun bisnismu.

9. Ikut pelatihan

10 Cara menggali ide bisnis ini layak kamu cobafoto: computer-course-center.com

Selain mengikuti seminar dan pergi ke pameran mengikuti sebuah pelatihan bisnis atau skill pun nggak ada salahnya kamu coba. Misal kamu mengikuti pelatihan menjahit, desain atau apapun yang sekiranya kamu tertarik melakukannya. Siapa tahu kamu memiliki bakat terpendam di bidang tersebut.

10. Bergabung dengan komunitas

10 Cara menggali ide bisnis ini layak kamu coba

foto: giphy

Biasanya sebuah komunitas dibentuk berdasarkan kesamaan hobi atau hal-hal yang kita sukai. Saat ini juga sudah banyak kok komunitas-komunitas pengusaha di setiap kota. Cari tahu dulu sebelum bergabung dengan sebuah komunitas, apakah sesuai dengan visi dan misi yang kamu inginkan. Dari komunitas inilah nantinya kamu bisa menggali ide bahkan bertanya langsung kepada orang yang lebih berpengalaman.