Brilio.net - Liburan sudah di depan mata. Banyak dari kamu pastinya menghabiskan waktu liburan dengan pulang ke kampung halaman atau mengunjungi tempat-tempat wisata. Sayangnya, ketika liburan panjang, jalanan sering tak bisa diajak kompromi dan sialnya kamu bisa saja terjebak kemacetan yang justru menghabiskan banyak waktu.

Tapi tenang..kamu tetap bisa menghindari macet dengan menerapkan 5 tips jitu yang telah dihimpun brilio.net dari berbagai sumber, Jumat (25/12), berikut ini.

1. Pelajari jalur perjalanan

 Tips ini cegah waktu liburanmu habis di jalan karena kejebak macet

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: yogisn.wordpress.com

Pertama-tama yang harus kamu lakukan untuk menghindari kemacetan adalah mencari tahu apakah jalur perjalanan yang kamu lewati rawan macet atau tidak. Hal ini bisa dilakukan dengan mengecek info lalu lintas atau meminta informasi satuan lalu lintas daerah yang bakal kamu lintasi. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah, salah satunya adalah melalui media jejaring sosial Twitter, facebook maupun Instagram yang telah disediakan.

2. Mencari jalur alternatif

 Tips ini cegah waktu liburanmu habis di jalan karena kejebak macet

foto: merdeka.com

Nah, kalau jalur perjalananmu ternyata rawan macet, langkah lain yang bisa kamu tempuh demi menghindari stres akibat terjebak macet selama melakukan perjalanan selama liburan adalah menghindari jalan utama yang langganan macet tersebut. Setelah kamu mengetahui daerah rawan macet, sangat bijaksana jika kamu mencari jalur alternatif. Untuk melakukan hal ini kamu bisa memanfaatkan peta biasa maupun piranti berteknologi global positioning system (GPS) yang sudah tertanam pada smartphone ataupun tersedia di sebagian mobil. Dengan memilih jalur alternatif, kamu bukan hanya terhindar dari stres akibat terjebak macet, tetapi mungkin pula mendapatkan pengalaman baru yang menjadikan kamu fresh kembali. Patut dicoba, kan?

3. Gunakan kendaraan umum

 Tips ini cegah waktu liburanmu habis di jalan karena kejebak macet

foto: worldtravelserver.com

Tak hanya itu, untuk menghindari stres akibat kemacetan kamu bisa memanfaatkan layanan kendaraan umum. Dengan menggunakan kendaraan pribadi selain berkontribusi pada kemacetan, kamu akan merasa lelah karena harus menyetir sambil menunggu arus lalu lintas lancar. Dengan kendaraan umum, kamu bisa beristirahat dan melakukan kegiatan lain saat terjebak macet. Bahkan kamu bisa memilih moda transportasi bebas macet seperti kereta api dan pesawat terbang, namun perlu dipikirkan saat sampai di tempat tujuan akan mengeksplor kota tersebut menggunakan transportasi apa.

4. Berangkat lebih awal

 Tips ini cegah waktu liburanmu habis di jalan karena kejebak macet

foto: koranperdjoeangan.com

Sebagian besar orang memilih waktu yang sama untuk melakukan perjalanan, dikarenakan libur yang bersama oleh semua instansi. Jika kecenderungan itu telah diketahui, maka kamu bisa menghindari waktu tersebut dengan berangkat lebih awal daripada kebanyakan orang. Pilihan langkah itu bukan hanya bisa menghindarkanmu dari kemacetan di jalan raya tetapi mungkin juga membuat kamu lebih leluasa menikmati objek wisata tujuanmu tanpa harus berdesak-desakan dengan pengunjung lain.

5. Siapkan perbekalan

 Tips ini cegah waktu liburanmu habis di jalan karena kejebak macet

foto: journeyofmylifeee.blogspot.com

Kamu bisa membawa bekal buku, makanan, camilan, atau apapun itu agar ketika kamu terjebak macet kamu tak bosan menunggu jalur lalu lintas normal kembali. Kamu bisa menyiapkan lagu-lagu di mobil yang bisa menemanimu saat terjebak macet.

(brl/pep)

(brl/pep)