Brilio.net - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati ternyata grogi saat nyanyi bareng Once Mekel. Hal itulah yang dialami Sri Mulyani saat menjadi pengisi acara Konser 7 Ruang Chrisye untuk Kemanusiaan yang digelar Minggu, 30 Mei 2021.

“Meski terbiasa pidato di depan publik mengenai keuangan negara, ternyata grogi juga sewaktu menyanyi bersama Once yang suaranya keren...semoga nggak memalukan ya..,” tulis Sri Mulyani dalam akun instagramnya (@smindrawati).  

Meski begitu, Sri Mulyani sukses membawakan lagu milik Chrisye berjudul Sabda Alam dan Pelangi bersama Once yang diiringi permainan piano komposer kenamaan Erwin Gutawa. Kolaborasi Sri Mulyani, Once Mekel, dan Erwin Gutawa menjadi salah satu penampilan menarik dalam konser virtual besutan Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) bersama DSS Music dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) ini.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Sri Mulyani Indrawati (@smindrawati)

Konser yang disiarkan secara virtual melalui kanal Youtube Iluni UI, Baznas TV, dan DSS Music ini memang mengapresiasi karya musisi legendaris Chrisye. Konser ini juga bertujuan menggalang dana untuk misi-misi kemanusiaan Iluni UI khususnya Iluni UI Peduli. Hingga 31 Mei, konser telah ditonton lebih dari 12 ribu kali.

Sri Mulyani pun mengaku merasa senang bisa berpartisipasi dan bernyanyi bersama kedua musisi papan atas Indonesia. Dia juga menyatakan dukungannya terhadap aksi-aksi kemanusiaan yang lakukan Iluni UI.

“Saya senang teman-teman Iluni UI, DSS Music dan Baznas berkolaborasi untuk memobilisasi seluruh kegiatan sosial. Tentu kepada semua pihak, terima kasih yang sudah menonton dan memberikan donasinya,” ungkapnya. 

Donasi terkumpul Rp 900 juta

Sri Mulyani Konser © 2021 brilio.net

Konser 7 Ruang Chrisye untuk Kemanusiaan ini pun berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 900 juta. Jumlah ini terkumpul sejak 21 Mei hingga 30 Mei 2021, saat konser digelar.   

Ketua Iluni UI sekaligus ketua pelaksana acara Nongki Wisaksono Soegandhi menyampaikan rasa terima kasih sekaligus apresiasi setinggi-tingginya kepada para donatur yang berpartisipasi dalam penggalangan dana. Donatur tak hanya berasal dari korporasi dan para alumni UI, namun juga merupakan donatur dari Baznas, dan juga masyarakat yang menonton konser.

“Kami menyampaikan ucapan terima kasih sebesar-besarnya atas para donatur selama open donation termasuk ketika kita live menggalang dana saat konser,” ujar Nongki dalam keterangan resmi yang diterima Brilio.net, Selasa (1/6/2021).

Lebih lanjut, Nongki memaparkan, konser penggalangan dana ini bukan pertama kali yang dilakukan. Sebelumnya, Iluni UI pernah menggelar konser penggalangan dana untuk Palu dan Lombok yang berhasil mengumpulkan total Rp 21 miliar.

“Ke depan kami ingin melanjutkan kegiatan pengumpulan dana kemanusiaan melalui konser musik. Kami juga berharap bisa kembali menggandeng DSS Music dengan Konser 7 Ruangnya,” imbuhnya.

20 Lagu hits Chrisye

Sri Mulyani Konser © 2021 brilio.net

Konser 7 Ruang  Chrisye untuk Kemanusiaan dimeriahkan 10 penampil yang membawakan lebih dari 20 lagu hits milik Chrisye. Penampilan Raidy Noor Experience membuka konser dengan lagu yang membangkitkan semangat nasionalisme berjudul Negeriku.

Sementara itu, Shelomita tampil membawakan Kidung. Kolaborasi musisi Candra Darusman dan Andien membawa nuansa jazz pada lagu Chrisye berjudul Untukku dan Sendiri. Alumni UI yang juga Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Tony Wenas pun menyumbangkan suara untuk tiga lagu Chrisye yakni Kala Surya Tenggelam, Bulan Namanya, dan Smaradhana, dilanjutkan Armand Maulana yang menghidupkan suasana konser dengan membawakan lagu Anak Jalanan dengan energik. Konser ditutup dengan penampilan Dira Sugandi yang membawakan salah satu lagu legendaris milik Chrisye, Juwita.

Sri Mulyani Konser © 2021 brilio.net

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno yang juga menyempatkan hadir dalam acara konser menyampaikan apresiasi dan dukungannya terhadap Konser 7 Ruang dan kegiatan penggalangan donasi. Sandiaga berharap Konser 7 Ruang jadi game changer di tengah pandemi dengan menumbuhkan sisi gotong royong melalui bingkai inovasi digital dan adaptasi. “Kita dukung Konser 7 Ruang sebagai bagian dari adaptasi baru. Dan kita akan nyumbang juga untuk acara Chrisye untuk Kemanusiaan ini,” kata Sandiaga.

(brl/red)