Brilio.net - Nama Jikustik belakangan cukup jadi perbincangan sedikit banyak penikmat musik Tanah Air. Sejak awal tahun hingga sekarang grup band pop asal Jogja itu diterpa banyak kabar, dari yang mengejutkan hingga membahagiakan.

Pertama, sejak awal tahun 2023, Jikustik mengabarkan kabar mengagetkan jika Brian Prasetyoadi sudah tidak lagi menjadi vokalis mereka. Brian juga mengumumkan salam perpisahan melalui unggahan di akun Instagramnya.

Tapi jelang waktu sebulan kemudian, Jikustik kembali mengumumkan kabar baik jika Aji Mirza Hakim alias Icha telah kembali ke Jikustik untuk masuk mengisi kekosongan vokal, sekaligus tetap bermain bass seperti dulu, setelah hengkang sejak 2012 silam.

"Aku merasa Jikustik harus tetap ada sepeninggal vokalis pengganti Pongki. Setelah Brian keluar pun, aku merasa harus ada untuk ambil bagian untuk memegang erat band ini bersama yang tersisa," kata Icha kepada brilio.net belum lama ini.

Kabar kembalinya Icha kembali ke Jikustik ternyata tak cukup. Jikustik dan mantan vokalisnya, Pongki Barata, membuat kejutan merilis single lama mereka berjudul 'Teman Seperjuangan' yang akan disusul dengan album penuh berjudul 'Rekam/Kenang'. Sebelumnya mereka juga sempat melangsungkan konser 'reuni' di Bandung.

Dengan rilisnya lagu itu, menimbulkan cukup banyak pertanyaan dan rasa penasaran. Apakah Pongki Barata balikan dengan Jikustik?

Dihubungi brilio.net via telepon pada awal Maret 2023, Pongki menegaskan tidak kembali lagi ke Jikustik. Meski album Rekam/Kenang dirilis, itu cuma sekadar bentuk nostalgia dan jadi salah satu aktivasi merayakan persahabatan mereka puluhan tahun ini. Utamanya tentu menjadi pendokumentasian karya-karya lama Jikustik yang layak rilis dan perlu diabadikan.

"Aku masih dan tetap akan di luar Jikustik. Tetapi hubungan pertemanan antara Pongki dan Jikustik tidak boleh putus. Kenapa? Karena dulu kita memang sama-sama berjuang dan memang friendship values di antara kami tinggi sekali. Jadi menurutku dan teman-teman Jikustik, silaturahmi kami tidak boleh putus meski aku sudah di luar Jikustik," tegas Pongki.

"Kalau Icha akhirnya memutuskan lagi untuk kembali ke Jikustik, aku sangat bersyukur, karena mungkin mereka saling membutuhkan dan mungkin Icha kembali ke tempat yang tepat. Jikustik pun membutuhkan Icha setelah Brian keluar," imbuh Pongki menutup obrolan.