Brilio.net - Penggemar penyanyi Tanah Air, Tulus, dibuat kecewa akibat konser idolanya mendadak dibatalkan. Konser yang semula akan dilangsungkan di Bandung itu terpaksa dibubarkan oleh Satgas Covid-19 Kota Bandung dengan alasan belum mengantongi surat izin.

Acara yang bertajuk 'Soundfest Bersua' dijadwalkan pada Selasa (29/3) tempatnya berada di Critical 11, Cicendo, Kota Bandung. Pembubaran dilakukan menjelang malam hari sebelum Tulus tampil.

Dilansir dari Merdeka.com, Rabu (30/3), Asep Gufron selaku Ketua Satgas Covid-19 Kota Bandung membenarkan pembubaran konser tersebut. Ia mengatakan pihak panitia belum mendapatkan izin. Mengingat Kota Bandung masih menerapkan PPKM Level 3, sehingga acara dalam bentuk apapun perlu diatur.

"iya dibubarkan, karena belum memiliki izin," kata Asep.

Pukul 18.30 WIB, petugas sudah berada di lokasi acara untuk menanyakan surat izin penyelenggaraan konser. Sayang panitia tidak bisa menunjukkannya.

"Ditanya izin tidak memperlihatkan baik dari satgas mau pun Polres soal izin keramaian. Setelah itu sudah tidak boleh ada kegiatan,” terang Asep.

Lebih lanjut, Asep mengatakan bahwa penyelenggara tidak akan diberi sanksi karena acara belum dimulai. Selain itu pihak panitia juga sudah membubarkan acara tersebut.

"Enggak (sanksi), kami kan belum menerbitkan izin dan kegiatan itu belum mulai konsernya juga," tuturnya.

Pembubaran konser Soundfest Bersua yang menampilkan Tulus itu juga sempat ramai di TikTok. Salah satu akun TikTok mengunggah detik-detik pembubaran yang disampaikan oleh pihak panitia.

Seketika itu penggemar Tulus langsung berteriak mengekspresikan kekecewaan mereka. Hampir semua orang meminta uang tiket kembali secepat mungkin.

Pihak panitia dan perwakilan penonton konser pun akhirnya bertemu untuk mencari jalan tengah dari pembatalan konser ini. Dari hasil kesepakatan, panitia akan mengembalikan seratus persen uang tiket dalam waktu 30 hari. Hal itu diungkapkan oleh panitia dan perwakilan penonton di depan umum.

konser tulus bubar © berbagai sumber

foto: TikTok/@unarahmaa

"Kami sudah membicarakan juga mengenai pengembalian uang tiket, memang harus ada regulasinya dari promotor dan penyedia jasa tiket tentang pengembalian uang kita semua di sini," kata salah satu perwakilan penonton dikutip dari TikTok @unarahmaa.

"tapi dari kami yang mewakili temen-temen semua, kami sudah mengajukan satu poin yang sama, uang tetap harus direfund seratus persen. Dan kami bilang juga paling lama mengembalikan uang kita 30 hari," lanjutnya.

Beragam reaksi warganet tentang pembatalan konser Tulus ditinggalkan di kolom komentar. Banyak juga yang ikut kecewa meski tidak berada langsung di sana.

"kebayang yg dateng dr jota jauh, biaya flight, hotel bela2in buat ntn tulus eh taunya zonk...." tulis @kurakuratinja.

"kok minta dipahami? aku kerja di EO bdg, tahun lalu ngundang juicy luicy diCiwalk, perizinan di kota bandung itu ga ribet kok asal tau alurnya kemana," kata Ev.

"sebenernya bukan masalah duit" amat sih, ini yg nntn ksl gara" promotornya caur, minta kompensasi lah, masa refund doang," timpal akun @sumbermakmur212.