Brilio.net - Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, empat musisi Collabonation besutan Indosat Ooredoo Hutchison yakni Ari Lesmana, Baskara Putra (Hindia), Feby Putri, dan Fiersa Besari, merilis lagu dan video berjudul Kembali Untuk Mengulang. Lagu yang merupakan bagian dari kampanye Ramadan IM3 bertajuk Serunya Silahturahmi ini berkisah tentang berbagai tradisi Ramadhan mulai dari “perang sarung”, menyalakan kembang api, pawai obor, ngabuburit berburu takjil, menyajikan makanan untuk berbuka dan sahur, membangunkan orang sahur, hingga perjalanan mudik. 

Secara visual, video tersebut jelas menggambarkan bagaimana beragam tradisi Ramadhan sangat dekat dan dirasakan semua orang. Beragam tradisi inilah yang membuat kerinduan akan bulan Ramadhan selalu dinantikan.  

Kerinduan dan kenangan menjalani Ramadhan ini pula yang dirasakan para musisi. Dalam video tersebut, keempat musisi menyajikan kisah perjalanan mereka masing-masing menemukan kembali serunya Ramadhan sekaligus merayakan tradisi khas Ramadhan di daerah asal mereka.

Anak rantau rindu pulang

Feby misalnya, dalam video tersebut digambarkan sangat merindukan bisa mudik ke kampung halamannya di Makassar setelah tiga tahun tak bisa pulang karena pandemi. Sebagai perantau, Feby sangat merindukan menjalani bulan puasa serta menyambut Lebaran bersama keluarga.    

“Senang banget bisa sama keluarga lagi. Dari 2020 enggak pulang. Senang banget bisa mudik,” ujar Feby dalam acara kampanye Serunya Silaturahmi bersama IM3 di Jakarta, baru-baru ini.

Kangen jadi muadzin

Lain lagi dengan Ari. Di balik penampilannya yang “urakan”, ternyata vokalis Fourtwnty itu dulunya adalah seorang muadzin di kampung halamannya di Pekanbaru, Riau. Tak heran jika ia pernah tampil mengumandangkan adzan Subuh di kanal YouTube VINDES yang tayang pada 3 Maret 2022 silam.  

Kisah ini juga yang dituangkan dalam video Kembali Untuk Mengulang. Di mana dalam video tersebut, sang ibu sangat merindukan suara merdu Ari saat adzan. Akhirnya Ari pun menunaikan keinginan sang ibu. Ia kembali mengumandangkan adzan seperti yang dulu ia sering lakukan.    

Kenangan bersama ayah

Sementara Fiersa Besari mengetengahkan kisah kerinduannya bersama sang ayah saat Ramadhan. Ia sangat merindukan kehangatan bersama sang ayah menjalani bulan puasa, meski Fiersa sendiri mengaku punya jarak dengan sang ayah. 

Namun kehangatan itulah yang ia tuangkan kepada putri kecilnya di dalam video Kembali Untuk Mengulang. Bagaimana Fiersa mengajak putrinya merasakan tradisi Ramadhan dengan menyalakan kembang api salah satunya.

Cerita toleransi

Menariknya, warna toleransi juga tergambar dalam video ini dengan keterlibatan Hindia yang notabene non muslim. Hindia juga punya kerinduan saat Ramadhan saat ia bisa ikutan berbuka bersama teman-temannya.    

Collabonation Mini Camp

Kembali Untuk Mengulang © 2023 brilio.net (Foto: Yani Andriyansyah/Brilio.net)

Video dan lagu Kembali Untuk Mengulang ini diciptakan empat musisi selama berada di Collabonation Mini Camp bersama Iga Massardi dan Vega Antares sebagai Produser.

Iga mengaku tidak begitu kesulitan menyatukan empat penyanyi. Sebab, musikalitas keempat musisi sangat mumpuni meski berasal dari genre musik yang berbeda.

“Ibarat masak sesuatu kalau bahan bakunya baik, kita nggak perlu memasak dengan bumbu yang terlalu banyak. Melihat mereka berempat itu kayak ingredients terbaik dari musik Indonesia lalu gue tinggal meracik,” kata Iga.

Selain merilis lagu dan video Kembali Untuk Mengulang, kampanye Serunya Silaturahmi IM3 juga menghadirkan promo Sensasi Ramadan Freedom Internet 100GB dengan harga Rp125.000 (harga normal Rp150.000) untuk mendukung aktivitas internetan selama bulan Ramadan dan Idul Fitri.

“Ramadan tahun ini merupakan momen yang menggembirakan bagi masyarakat Indonesia, karena seluruh lapisan kembali dapat melakukan berbagai keseruan tradisinya,” ujar Chief Commercial Officer Indosat Ooredoo Hutchison, Ritesh Kumar Singh.   

Indosat juga akan menggelar Pasar Ramadan IM3 2023 yang tersebar di 16 titik yaitu  Bekasi, Cibinong, Tangerang Selatan, Bandung, Yogyakarta, Semarang, Surakarta, Sidoarjo, Jember, Lombok, Medan, Jambi, Makassar, Pare-pare, Pagutan, dan Banjarmasin. Di mana para pengunjung pun bisa melihat penampilan musisi yang terlibat di Collabonation di beberapa kota Pasar Ramadan IM3 2023, selain menikmati sajian kuliner khas Ramadhan. Lalu ada juga SIDAK Outlet IM3 yang akan mengunjungi dan bersilaturahmi ke 2000 outlet di Indonesia dengan Bus Ramadan.

Video Kembali Untuk Mengulang