Brilio.net - Hadir sebagai distributor musik digital indipenden tingkat global, kini TuneCore mengumumkan perubahan penting dalam praktik bisnisnya. Kini paket harga baru untuk rilisan tidak terbatas dari label atau artis yang bekerjasama. Salah satu inovasi revolusionernya adalah biaya tetap untuk masing-masing rilisan yang dikenakan pada musisi dalam kurun waktu tertentu.

Strategi bisnis baru yang diterapkan TuneCore ini sebagai bentuk respon dimana adanya pergeseran yang sebelumnya membuat beberapa EP atau satu album penuh dalam setahun. Kini menjadi lebih sering merilis single dan teratur bisa terus eksis di percaturan musik.

Program TuneCore’s Unlimited diluncurkan guna memfasilitasi kreasi musik yang konstan dan menjadi lebih mudah untuk diakses oleh para musisi. Selain itu dapat memberi kendali untuk merilis sebanyak mungkin single dan album tanpa harus khawatir dihantui biaya membengkak.

TuneCore © TuneCore

foto: TuneCore

Terdapat beberapa paket yang ditawarkan pada program baru ini, mulai dari paket gratis bagi musisi untuk memasukan musiknya langsung ke berbagai macam platform media sosial seperti TikTok, Facebook, Instagram dan Youtube. Otomatis, sejak detik pertama karya terunggah, langsung berpotensi pendapatan terbuka. Kemudian seiring seiring meningkatnya popularitas karya dan reputasi musisi, mereka juga bisa menapaki langkah selanjutnya untuk menyusun rencana guna jadi lebih berkembang.

Andreea Gleeson selaku Chief Executive Officer (CEO) TuneCore menjelaskan jika TuneCore telah berdiskusi dengan pihak terkait seperti musisi dan label selama satu tahun mengenai apa yang dapat dikembangkan dari layanan yang sudah ada. Para musisi menginginkan kesempatan untuk menjajaki pasar dengan gratis bagi karya yang telah dihasilkan secara instan, teratur dan baik untuk tahun pertama.

"Kami meresponnya dengan memperkenalkan program yang memberi kebebasan pada mereka untuk memilih paket mana yang cocok dengan level karir. Dengan program TuneCore Unlimited ini, para musisi membayar lebih sedikit dan mendapat potensi yang lebih banyak,” jelas Andreea Gleeson melalui rilis yang diterima brilio.net, Jumat (1/7).

Sementara itu, Dahlia Wijaya selaku Country Director Believe Indonesia yang menaungi operasi TuneCore di Indonesia mengatakan jika salah satu misinya yakni memberikan layanan terbaik bagi artis dan label di setiap tahap karir. Dimana ingin bekerja tanpa batas dan bebas tidak memikirkan biaya distribusi musik.

TuneCore © TuneCore

foto: TuneCore

"TuneCore Unlimited yang sifatnya merupakan langganan tahunan ini memungkinkan mereka mendistribusikan musik tanpa batas, di mana saja dan kapan saja,” jelas Dahlia Wijaya.

Selain itu, Cyrus Chen selaku Head of TuneCore South East Asia mengatakan jika tahun lalu telah meluncurkan rencana untuk artis mendistribusikan rilis tak terbatas di platform Sosial secara gratis. Kini diperluas dengan rilis tak terbatas ke semua paket berbayar untuk mencerminkan dan menegaskan kembali komitmennya dalam menyetarakan akses distribusi musik untuk artis dan label independen.

“Selain mendapatkan layanan tingkat atas dan pembayaran lebih tinggi, artis Indonesia kami sekarang akan memiliki rencana distribusi tak terbatas paling terjangkau di pasaran. Kami ingin memberdayakan pembuat konten musik untuk mengeluarkan potensi artistik penuh mereka dengan tak terbatas," paparnya.

Salah satu musisi yang bekerjasama dengan TuneCore untuk distribusi karyanya adalah Danilla Riyadi. Pelantun lagu Senja Di Ambang Pilu tersebut merupakan salah satu kisah sukses yang berhasil menjejakkan kakinya di industri musik yang memberi banyak alternatif jalur karir bagi mereka yang ingin mengadu peruntungan.

“Bekerjasama dengan TuneCore sangatlah berkesan, praktikal dan memenuhi semua kebutuhanku dalam mempublikasikan karyaku," ujar Danilla Riyadi.

TuneCore © TuneCore

foto: TuneCore

Meskipun terdapat beberapa perubahan pada paket yang ditawarkan. Nmaun Gleeson mengatakan jika hal yang sama dari TuneCore yakni tidak akan pernah berhenti untuk mengutamakan para musisi.

"Dalam setiap pembaruan layanan, kami akan mengutamakan kebutuhan para musisi. Pada akhirnya, TuneCore ada di sini untuk membantu mereka membuat musik yang lebih baik dan membantu mereka menjadi lebih dikenal," papar Gleeson.

Pada acara Launch Event yang berlangsung pada 29 Juni 2022 lalu, TuneCore juga memberikan informasi promo lainnya malalui penawaran diskon 90% yang dapat digunakan dengan memasukan kode promo TCID90. Promo diskon ini berlaku untuk pembayaran per rilis, yaitu untuk single dan album, dan tidak untuk Paket Sepuasnya (Unlimited Package) yang baru. Untuk lebih detailnya, berbagai macam paket yang ditawarkan oleh Program TuneCore Unlimited, bisa dicek di sini.