Brilio.net - Laptop kini tak sekadar alat untuk bekerja, tapi juga entertainment. Oleh karena itu, laptop model 2 in 1 kini mulai populer. Guna memenuhi kebutuhan konsumen di era digital saat ini, maka ASUS Vivobook 13 Slate OLED (T3300) hadir berbeda dari laptop pada umumnya. Vivobook 13 Slate OLED merupakan laptop detachable yang dirancang khusus untuk menikmati hiburan digital.

ASUS Vivobook 13 Slate OLED © istimewa

foto: istimewa

Detachable sendiri merupakan tipe bodi dan keyboard-nya bisa dilepas sehingga laptop ini dapat digunakan seperti tablet. Desain detachable membuat Vivobook 13 Slate OLED menjadi laptop yang sangat fleksibel dan cocok untuk target penggunaannya, yaitu menjadi portal hiburan bagi semua orang.

Lalu bagaimana Vivobook 13 Slate OLED dapat menghadirkan hiburan berkualitas tinggi bagi penggunanya? Berikut telah brilio.net himpun dari berbagai sumber, Rabu (29/6).

Super ringkas dan fleksibel untuk berbagai kegiatan

Hadir sebagai laptop sekaligus tablet kekinian dan modern, Vivobook 13 Slate OLED dilengkapi dengan sistem operasi Windows 11. Jauh lebih ringan dari laptop pada umumnya, Vivobook 13 Slate OLED memiliki bodi yang ringkas dengan berat hanya 780 gram.

Agar laptop sekaligus tablet ini nyaman digunakan, maka Vivobook 13 Slate OLED dilengkapi dua aksesori penting yakni detachable keyboard dan detachable stand cover. Kedua aksesori tersebut dapat mengubah Vivobook 13 Slate OLED menjadi perangkat komputasi multifungsi yang sangat fleksibel untuk mendukung berbagai aktivitas sehari-hari.

ASUS Vivobook 13 Slate OLED © istimewa

foto: istimewa

Detachable keybar yang ada di laptop ini menggunakan koneksi langsung melalui pogo pin dan telah dilengkapi dengan magnet sehingga sangat mudah untuk dilepas-pasang. Selain itu, detachable keyboard untuk Vivobook 13 Slate OLED juga dilengkapi dengan touchpad untuk memudahkan navigasi saat menggunakan laptop ini.

Sementara detachable stand cover berfungsi untuk membuat Vivobook 13 Slate OLED agar dapat berdiri dan dapat digunakan layaknya sebuah laptop. Aksesoris ini memiliki engsel yang dapat dibuka hingga 170 derajat, posisi yang sangat nyaman untuk menggambar menggunakan stylus.

Selain itu, detachable stand cover juga dapat digunakan agar Vivobook 13 Slate OLED bisa berdiri tegak dengan orientasi portrait sehingga penggunanya tidak perlu kesulitan mencari penyangga saat ingin laptopnya diberdirikan dengan mode portrait.

ASUS Vivobook 13 Slate OLED © istimewa

foto: istimewa

Menariknya, kedua aksesori tersebut telah disediakan di paket penjualan Vivobook 13 Slate OLED. Keduanya membuat Vivobook 13 Slate OLED tidak hanya dapat digunakan sebagai tablet untuk menikmati hiburan, tetapi penggunanya juga dapat lebih produktif saat menggunakan perangkat komputasi ini.

Fiturnya lengkap

Vivobook 13 Slate OLED memiliki berbagai fitur lengkap dimulai dari port USB 3.2 Gen2 Type-C. Dengan begitu port tidak hanya sekedar untuk transfer data dan mengisi daya, namun juga dapat menghubungkan Vivobook 13 Slate OLED ke monitor eksternal, seperti smart TV atau proyektor.

Tidak hanya itu saja, dengan adanya fitur port USB Type-C maka Vivobook 13 Slate OLED dapat diisi daya menggunakan power bank. Adaptor charger- nya juga memiliki ukuran yang sangat mungil dan portabel sehingga mudah untuk dibawa bepergian. Terlebih lagi, charger USB Type-C-nya juga bisa digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone, jadi nggak perlu bawa dua charger lagi.

ASUS Vivobook 13 Slate OLED © istimewa

foto: istimewa

Fitur menarik berikutnya yakni Vivobook 13 Slate OLED dilengkapi dengan WiFi 6 sebagai teknologi WiFi generasi terbaru yang menawarkan kecepatan transfer data lebih baik serta sinyal yang lebih stabil. ASUS bahkan menyematkan ASUS WiFi Master di Vivobook 13 Slate OLED. Teknologi tersebut memungkinkan Vivobook 13 Slate OLED untuk dapat terkoneksi ke WiFi access point dengan kualitas sinyal terbaik secara otomatis sehingga penggunanya tidak perlu mengganti koneksi WiFi secara manual.

Berbeda dengan laptop pada umumnya, Vivobook 13 Slate OLED dibekali dengan dua kamera. Kamera depannya menggunakan sensor beresolusi 5MP, sementara kamera belakangnya memiliki sensor dengan resolusi 13MP.

Dilengkapi layar ASUS OLED

Layar menjadi salah satu keunggulan utama dari Vivobook 13 Slate OLED ini. Laptop detachable ini telah menggunakan layar berteknologi ASUS OLED. Berbeda dengan teknologi layar lainnya, ASUS OLED menyediakan solusi lengkap bukan hanya sekadar memberikan kualitas visual terbaik. ASUS OLED juga dilengkapi teknologi yang dapat melindungi kesehatan mata, serta telah mengantongi berbagai sertifikasi yang membuat laptop dengan layar ASUS OLED memiliki kualitas layar kelas profesional.

ASUS Vivobook 13 Slate OLED © istimewa

foto: istimewa

Layar ASUS OLED menggunakan panel OLED yang terdiri dari jutaan lampu berukuran sangat kecil sehingga tidak menggunakan lapisan backlight. Struktur tersebut memiliki kelebihan yaitu reproduksi warna yang sangat akurat khususnya untuk warna hitam karena absennya backlight membuat layar ASUS OLED bisa menampilkan warna hitam yang sempurna.

Laptop denggan layar ASUS OLED mampu menampilkan kualitas visual terbaik karena salah satu kuncinya yakni pada tingkat reproduksi warna yang bisa ditentukan oleh color gamut. Layar ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3. Artinya, layar ASUS OLED mampu menampilkan semua warna pada ruang warna DCI-P3, dimana cakupan warnanya lebih luas dari sRGB yang hingga saat ini masih dijadikan standar layar laptop.

DCI-P3 juga merupakan color gamut yang digunakan oleh industri perfilman karena memiliki cakupan warna yang sangat luas sehingga membuat detail dalam film dapat ditampilkan dengan sangat baik.

Salah satu keunggulan utama ASUS OLED, yaitu layar ASUS OLED telah dikalibrasi sejak awal sehingga memastikan setiap warna dapat ditampilkan sebagaimana mestinya. Tidak tanggung-tanggung, layar ASUS OLED bahkan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display sehingga dapat langsung digunakan bahkan oleh para profesional kreatif yang kegiatan sehari-harinya sangat bergantung pada layar yang memiliki tingkat akurasi warna yang tinggi.

ASUS Vivobook 13 Slate OLED © istimewa

foto: istimewa

Layar ASUS OLED dapat mempertahankan kualitas visualnya, termasuk tingkat akurasi dan reproduksi warna, meski layar disetel pada tingkat kecerahan yang rendah. Tidak tanggung-tanggung, pada tingkat kecerahan hanya 11% pun layar ASUS OLED dapat menampilkan kualitas visual yang sama seperti pada tingkat kecerahan 100%. Konsistensi dalam menghadirkan kualitas visual ini membuat video dan film yang ditampilkan memiliki kualitas yang sama dengan layar bioskop.

Kelebihan lain yang ditawarkan oleh ASUS OLED adalah kemampuan untuk menampilkan gambar bergerak secara lebih detail. Berkat response time yang sangat kencang, yaitu hanya 0,2ms, gambar bergerak seperti animasi, video, atau film dapat ditampilkan secara lebih detail dan tajam. Response time yang sangat kencang sangat berguna saat melakukan editing video, yaitu ASUS OLED dapat menampilkan detail video yang lebih baik dan minim efek motion blur. Menonton film penuh aksi pun menjadi lebih nyaman.

Untuk mengurangi paparan radiasi cahaya biru yang dapat mengganggu kesehatan mata, maka ASUS OLED dilengkapi dengan teknologi yang mampu mengurangi paparan tersebut tanpa mengurangi kualitas visual. ASUS OLED juga telah dilengkapi dengan teknologi anti-flicker yang dapat membuat mata tidak mudah lelah.

Laptop ini telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk teknologi anti-flicker dan low blue light. Sertifikasi tersebut menegaskan bahwa kemampuan ASUS OLED untuk menjaga kesehatan mata bukanlah gimmick belaka. Intinya, ASUS OLED merupakan teknologi layar terbaik yang bisa didapatkan di sebuah laptop untuk menikmati hiburan digital.

Dibekali audio berkualitas

Kualitas audio juga menjadi salah satu fitur unggulan dari Vivobook 13 Slate OLED. Vivobook 13 Slate OLED tampil dengan sistem quad- speaker sehingga mampu menciptakan suara yang sangat lantang. Tidak hanya itu saja, Vivobook 13 Slate OLED telah dibekali dengan teknologi SmartAMP. Teknologi tersebut memungkinkan sistem audio Vivobook 13 Slate OLED untuk menghadirkan audio yang lebih lantang sekaligus menjaga kualitas suaranya dari efek distorsi. Dengan demikian, suara akan tetap jernih meski pada volume maksimal.

ASUS juga membekali Vivobook 13 Slate OLED dengan teknologi audio Dolby Atmos. Kombinasi sistem quad-speaker dengan teknologi Dolby Atmos membuat Vivobook 13 Slate OLED dapat menghadirkan suara dengan efek spatial yang kaya, seperti di bioskop agar pengalaman menikmati hiburan digital semakin immersive.

Daya tahan baterai panjang

Agar mumpuni untuk menikmati hiburan digital Vivobook 13 Slate OLED ini telah dibekali dengan baterai berkapasitas 50Whrs serta ditenagai oleh prosesor Intel quad-core yang memiliki ktingkat konsumsi daya yang sangat efisien. Berdasarkan pengujian menggunakan PCMark 10, Vivobook 13 Slate OLED mampu digunakan untuk memutar video hingga lebih dari 8 jam. Waktu yang sangat cukup untuk melakukan marathon berbagai film trilogi ternama.

Tidak hanya itu, Vivobook 13 Slate OLED ternyata juga sangat andal sebagai laptop penunjang aktivitas sehari-hari. Selain telah dibekali RAM LPDDR4X sebesar 8GB dan penyimpanan PCIe Gen3 SSD sebesar 256GB, Vivobook 13 Slate OLED juga dapat digunakan untuk kebutuhan pekerjaan ringan selama lebih dari 9 jam. Hal tersebut berdasarkan pengujian menggunakan PCMark 10 Battery Test di mode Modern Office.