Brilio.net - Solois pria Tanah Air, Tulus tidak ada henti-hentinya memberikan karya bagi para penggemarnya. Belum lama ini Tulus diketahui baru saja merilis album studio terbaru yang berjudul Manusia. Album yang dikerjakan dalam kurun dua tahun belakangan ini diketahui berisikan 10 nomor. Judul Manusia sendiri merupakan representasi dari lagu-lagu di dalamnya, yang menceritakan ragam dinamika rasa manusia.

Melalui ragam lagu unik di album terbarunya ini Tulus meneruskan perjalanan musiknya. Lagu-lagu pada album Manusia ini memiliki olah kata dalam lirik yang semakin matang dan pengedepanan keeleganan Bahasa Indonesia.

Tulus © berbagai sumber

foto: Tulus

Tidak hanya itu saja, penyanyi berusia 35 tahun tersebut memiliki sudut pandang penulisan lagu yang luas dalam album ini. Mulai dari semangat menjaga jiwa muda, di tengah dinamika hati dan rasa, dilanjutkan dengan pertanyaan tentang hidup, apresiasi diri, hingga ragam emosi dalam merayakan kehidupan.

Melalui rilis yang diterima oleh brilio.net, Selasa (30/8), Tulus mengatakan jika pengerjaan album ini berkolaborasi dengan ratusan talenta hingga menghasilkan warna musik yang baru. Ratusan sendiri maksudnya yakni banyak, jumlah ini kian mewakili judul album barunya, Manusia.

“Warna musik yang baru di album ini merupakan hasil kolaborasi dengan ratusan talenta,” ungkap Tulus.

Tulus © berbagai sumber

foto: Tulus

Tulus mengandeng Ari Renaldi sebagai produser cemerlang yang telah menghasilkan multipel karya bersama. Untuk menulis lagu, Tulus berkolaborasi dengan Dere, Petra Sihombing, Topan Abimanyu, dan Yoseph Sitompul. Sedangkan beberapa lagu disempurnakan oleh orkestrasi brilian dari Erwin Gutawa. Puluhan sessionist profesional, paduan suara, hingga orkestrasi besar juga terlibat dalam album ini.

Album ini dirilis bertepatan dengan perayaan 10 tahun Tulus berkarya di industri musik, yakni (3/3) lalu. Tidak hanya itu saja, album ini dirilis juga bersamaan dengan musik video “Tujuh Belas,” nomor pembuka yang segera disusul 9 lagu lainnya. Ragam ilustrasi visual juga sudah dipersiapkan untuk terus mengembangkan derap langkah perjalanan karya Tulus dalam bermusik.

Tulus berharap lagu-lagu dalam album terbarunya ini dapat tumbuh besar dan membesarkan hati bagi semua yang mendengarkan. Saat ini Manusia sudah dapat disimak di berbagai toko musik digital. Dengan bangga, kami mempersembahkan, Manusia. Semoga berkenan.

“Semoga lagu-lagu dalam album ini tumbuh besar dan membesarkan semua hati yang mendengarkan,” harap Tulus.