Brilio.net - Konser "Dara Setara FSTVLST" telah berlangsung pada (13/1) kemarin. Berlangsung di Liberates Creative Colony, Jalan Kaliurang KM 14, Sleman, Yogyakarta, konser yang digelar oleh FSTVLST, band rock asal Yogyakarta ini berlangsung meriah.

Band yang digawangi Farid Stevy Asta (vokal), Oby Setiawan (gitar), Humam Mufid Arifin (gitar bass), Danish Wisnu Nugraha (drum), dan Rio Faradino (keyboard) ini memang mendedikasikan konser ini khusus untuk perempuan. Hal ini serupa dengan yang dikatakan oleh Farid Stevy selaku vokalis FSTVLST.

DARA SETARA FSTVLST © Brilio.net

foto: Brilio.net/Faya Lusaka

Farid Stevy mengatakan ajang ini akan didedikasikan khusus untuk perempuan. Farid mengaku ini menjadi apresiasi untuk Festivalist, yakni sebutan untuk pendengar, pemirsa, dan pemerhati FSTVLST yang hadir di pentas band dari pelantun lagu "Orang-Orang di Kerumunan" ini.

"Sementara dominasi penonton laki-laki tetap terjadi, perempuan-perempuan ini tetap hadir memberi pengalaman pertunjukan dan sosial baru bagi FSTVLST dan Festivalist. Lalu, muncullah tema 'Dara Setara', untuk menghormati kehadiran mereka," ucap Farid.

DARA SETARA FSTVLST © Brilio.net

foto: Brilio.net/Faya Lusaka

Konser "Dara Setara FSTVLST" ini berlangsung meriah dengan penampilan pembuka dari DVY. Yakni band asal Makassar yang beranggotakan duo perempuan, Leca dan Jasmine. Lalu setelahnya disusul dengan penampilan Sanggar Tari Kinanti Sekar bersama group atau kelas enam ibu-ibu menari.

DARA SETARA FSTVLST © Brilio.net

foto: Brilio.net/Faya Lusaka

Penampil berikutnya yang ikut memeriahkan konser "Dara Setara FSTVLST" ini yakni Soegi Bornean. Band asal Semarang ini tampil membawakan beberapa lagu andalannya menghibur para penonton perempuan yang hadir. Rintik gerimis yang sempat turun ini menambah nuansa syahdu penampilan Soegi Bornean.

Setelahnya, klimaks acara konser ini tampil di hadapan penonton, FSTVLST. Berlangsung seru, pada konser kali ini Farid Stevy pun memberikan kesempatan bagi para penonton untuk naik ke atas panggung dan melakukan "crowd surfing". Tentu hal ini menjadi sesuatu yang baru dan menarik. Jika biasanya di konser-konser FSTVLST sebelumnya, crowd surfing dilakukan oleh laki-laki. Kali ini perempuan diberikan kesempatan yang sama untuk dapat merasakan sensasinya.

DARA SETARA FSTVLST © Brilio.net

foto: Brilio.net/Faya Lusaka

Kemeriahan konser ini semakin terlihat saat para perempuan terlihat mulai menikmati lagu yang dinyanyikan oleh Farid Stevy dengan moshing. Di konser ini benar-benar para perempuan bebas berekspresi tanpa adanya rasa takut terkena senggolan maut, pelecehan seksual maupun tindakan pencopetan.

Anna salah satu penonton yang hadir di konser "Dara Setara FSTVLST" ini mengaku sangat antusias dengan acara ini. Ia merasa senang karena dapat menonton konser salah satu band favoritnya, FSTVLST ini dengan rasa lebih aman.

"Seneng banget Dara Setara ini memberi kesempatan buat perempuan-perempuan seperti aku ini yang takut nonton FSTVLST karena sering moshing, jadi dapat nonton dengan aman. Ya meskipun tadi ada moshingnya juga, tapi lebih aman aja karena perempuan semua. Ini pertama kali aku nonton FSTVLST dan bikin pengen nonton lagi ke depannya," terang Anna.

(brl/lak)