Brilio.net - Ayu Idol yang kini dikenal dengan nama Ayuenstar baru saja merilis lagu terbarunya berjudul Swagger. Karya pertamanya pada tahun 2020 ini merupakan lagu kedua Ayuenstar. Menariknya, Ayuenstar mengambil kendali pembuatan lagu ini dari awal hingga akhir secara mandiri dan orisinil.

“Di sini aku bener-bener bikin liriknya, bikin notasinya sendiri, sampai aku yang kasih ide-ide instrumen apa aja yang mau dimasukin di lagu ini. Aku juga yang buat aransemen musiknya. Demo kasarnya udah aku buat sendiri lalu diperindah oleh temanku, yaitu Gunz dan Arsyih Idrak," ujar Ayu dalam press release yang diterima Brilio.net belum lama ini.

Menurut Ayu, hal terberat dalam membuat lagu ini adalah kendala jarak.

"Karena Kak Arsyih tinggal di Manado, jadi kita banyak revisi via WA (Whatsapp). Ada ide lagu langsung kita komunikasikan aja sih, terus kita saling kirim revisi materi lagunya lewat WA aja," tuturnya.

"Swagger" adalah curahan hati Ayuenstar tentang kehidupan pribadinya. Ternyata, dirinya pernah menjadi korban bullying semasa kecil. Tapi bukannya bersedih, Ayu melihat pengalaman ini sebagai penyemangatnya dalam berkarya. Dia ingin menunjukkan bahwa dirinya yang dulu tak punya apa-apa kini bisa membuat karya yang bagus.

Loading...

"Selain itu, di sini juga aku pengen ceritain bahwa aku emang enggak terlalu punya banyak teman, dan dari dulu temanku lebih ke musik. Dulu setiap hari pas pulang sekolah atau kuliah, aku pasti langsung pegang keyboard dan nyanyi. Bener-bener aku banyak menghabiskan waktu ku di depan keyboard dan menyanyi deh pokoknya," ungkap Ayuenstar.

ayuenstar_swagger istimewa

foto: Istimewa

Lagu ini hadir dengan genre Hip-Hop, RnB dengan sedikit sentuhan Reggae. Ayuenstar mengaku bangga bisa menciptakan lagu sekeren ini. Menurutnya, ini adalah cara dirinya untuk mengekspresikan diri di tengah stereotipe yang melekat di dirinya.

"Aku yang berhijab tapi agak barbar dan tengil ini, haha. Harapannya sih bisa diterima dengan lagu dan karakter aku yang kayak gini. Semoga juga bisa mewarnai musik Indonesia," kelakarnya.

Ayu Idol mulai dikenal berkat kiprahnya di ajang pencarian bakat Indonesian Idol 2018. Gaya yang "Swag" dan suara emasnya berhasil menarik perhatian dan bisa lolos hingga Top 4 di ajang tersebut. Bakat Ayu dalam dunia tarik suara ini ternyata sudah dilatih sejak kecil.

“Dari dulu aku udah ikut banyak ajang pencarian bakat. Aku emang senang nyanyi sih dari kecil, senang aja gitu ditonton banyak orang dan diberi tepuk tangan sama yang nonton," ucap Ayuenstar.

Sebelum "Swagger", Ayuenstar merilis lagu pertamanya berjudul Terbaik Untukmu pada 2019 lalu. Sejak itu, Ayu idol melepas namanya dan menjadi Ayuenstar. Penasaran dengan lagu terbarunya ini? kamu bisa menikmati karyanya di link YouTube berikut ini.

"Aku berkarya karena aku tulus ingin berkarya. Aku berkarya karena musik adalah passion aku dan aku berkarya untuk orang-orang yang sudah support aku,” tutup Ayuenstar.