1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Musik
15 November 2017 19:19

Bikin album live, ini 7 foto kemeriahan konser Efek Rumah Kaca

Band asal Jakarta ini sempat cukup lama tidak ramai gaungnya karena sang vokalis pergi ke Amerika.
Efek Rumah Kaca/foto: Instagram @sebelahmata_erk

Brilio.net - Bagi para pencinta musik indie, pasti tak asing dengan Band Efek Rumah Kaca (ERK). Band yang digawangi oleh Cholil Mahmud (vokalis dan gitar), Adrian Yunan Faisal (vokal, bass, dan gitar), dan Bagus Sudibyo (drum, vokal, gitar) ini selalu bisa menghipnotis para penonton di setiap aksi panggungnya dengan membawakan lagu-lagu yang memotret tentang kehidupan sosial ini.

Band asal Jakarta ini sempat cukup lama tidak ramai gaungnya karena sang vokalis pergi ke Amerika. Sekembalinya dari Negeri Paman Sam, band ini kembali menunjukkan tajinya dan mengobati kerinduan para fans. Pada Selasa (29/8) lalu, ERK tampil dalam acara musik yang dikemas cukup unik, Together Whatever Sessions. Event Together Whatever ini sendiri terasa spesial karena digelar dengan konsep yang unik dan menghadirkan musisi-musisi papan atas Tanah Air.

Efek Rumah Kaca/foto: istimewa

Di acara yang berlangsung di Eighty Nine, Kemang, Jakarta itu, terasa sekali suasana yang intim antara ERK dengan para penggemarnya. Sebab, live music ini dikemas tanpa jarak antara musisi dengan penonton.

Seperti apa sih kemeriahan dari penampilan ERK ini? Berikut ulasannya untuk kamu.

1. Pesta perayaan 10 tahun album perdana.

Efek Rumah Kaca/foto: Instagram/@togetherwhateverid

Pada penampilannya malam itu, ERK membawakan lagu-lagunya dari album pertama yang mereka rilis 10 tahun lalu. Album berjudul Efek Rumah Kaca ini berisi 12 tracks. “Dalam rangka 10 tahun album pertama Efek Rumah Kaca, kami menampilkan semua lagu dari track pertama hingga track terakhir,” kata Cholil dalam video di Instagram @togetherwhateverid.

2. Rekaman jejak perjalanan ERK.

Efek Rumah Kaca/foto: Instagram/@togetherwhateverid

Di acara ini, penonton tidak saja dimanjakan dengan lagu-lagu hits dari ERK, tapi juga bisa belajar banyak tentang sepak terjang band ini. Lewat layar LED yang disediakan di lokasi, para penggemar bisa melihat footage-footage video Efek Rumah Kaca yang direkam sekitar 10 tahun. "Terima kasih untuk Together Whatever yang sudah mengundang kami untuk bisa tampil di acara ini. Tadi ada sesi wawancara terus ditanya soal perjalanan karier kita. Jadi keinget zaman dulu," kata Cholil.

3. Diungkap sejarah lagu.

Efek Rumah Kaca/foto: Instagram/@togetherwhateverid

Nggak cuma dari video, para penggemar juga bisa mendengar cerita langsung dari sang vokalis tentang cerita di balik lagu-lagu ERK dari album pertama. Seperti diketahui lagu-lagu ERK ini sarat dengan pesan-pesan sosial di dalamnya. Proses penciptaan lagunya pun tak bisa dilepaskan dari fenomena yang terjadi pada masa itu.

Efek Rumah Kaca/foto: istimewa

Misalnya lagu berjudul Jalang. Lirik lagu ini sarat dengan kritik sosial tentang pengekangan terhadap perbedaan. Lain lagi dengan lirik lagu Desember yang berkisah tentang hujan bulan Desember. Pesan moral dari lagu ini adalah tentang bencana alam banjir, di mana Desember adalah masa-masa puncak curah hujan di banyak wilayah Indonesia.

4. Konser direkam untuk album live.

Efek Rumah Kaca/foto: Instagram/@togetherwhateverid

Konser ini benar-benar berbeda dari konser pada umumnya karena direkam secara live dan khusus album pertama saja. Sejauh ini ERK telah menelurkan tiga album, Efek Rumah Kaca (2007), Kamar Gelap (2008), dan Sinestesia (2015).

5. Konser tanpa jarak.

Penonton merekam dari dekat penampilan Efek Rumah Kaca/foto: Instagram/@togetherwhateverid

Acara malam itu sangat meriah. Penonton ikut bernyanyi ketika band ini membawakan lagu-lagu andalan seperti Jalang, Jatuh Cinta itu Biasa Saja, Melankolia, dan Aku Bukan Lawan Jenismu.

Nih, aksi lengkap Efek Rumah Kaca di Together Whatever Sessions yang seru abis.


Rupanya, Together Whatever Sessions ini tak hanya menghadirkan Efek Rumah Kaca saja, lho. Sejumlah musisi lainnya di waktu yang berbeda juga tampil lebih dekat dengan para penggemarnya. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan keseruan penampilan musisi lain dalam acara Together Whatever, kamu bisa cek di sini. Biar ngobatin rasa kangenmu sama idola kesayangan.

 

(brl/tin)

Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    13%

  • Ngakak!

    13%

  • Wow!

    38%

  • Sedih

    38%

  • Marah

    0%

Share This Article

To:

Cc:

Subject:

Bikin album live, ini 7 foto kemeriahan konser Efek Rumah Kaca.
Band asal Jakarta ini sempat cukup lama tidak ramai gaungnya karena sang vokalis pergi ke Amerika.
https://www.brilio.net/musik/5-kemeriahan-perayaan-10-tahun-album-pertama-efek-rumah-kaca-1710237.html
SEND

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories


Jangan cuma disimpen sendiri,
Posting karyamu dan menangin uang tunai
di platform baru, Brilio Creator!

Ikutan Di Sini
TOP

Would you like to switch to the English Version?