Brilio.net - JKT48 merupakan idol grup di Indonesia yang menjadi sister grup dari Jepang yaitu AKB48. JKT48 mempunyai 21 single dan kurang lebih 300 lagu yang terdapat pada setlist theater. JKT48 mempunyai banyak member, sekitar 70 member.

Selain perfom onair ataupun offair, JKT48 juga tampil di Theater JKT48 sendiri yang berada di mal FX Sudirman Jakarta Selatan. Theater adalah tempat para member JKT48 untuk menunjukan bakatnya kepada para penggemar, tempat untuk bertemu dengan penggemarnya setiap hari.

Theater JKT48 hampir setiap hari ada pertunjukan, satu kali pertunjukan diisi satu tim. JKT48 mempunyai tiga tim, setiap hari tiga tim tersebut bergantian untuk tampil di theater.

Setelah 8 tahun berdiri, akhirya JKT48 akan mempunyai single original untuk pertama kalinya dan akan rilis 2020.

Berikut fakta-fakta menarik single JKT48 ini seperti dikutip brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (7/1).

Loading...

1. Dibuat composer terbaik Indonesia.

jkt48 istimewa

foto: Instagram/@laleilmanino

Single original pertama JKT48 ini digarap Trio Laleilmannino (Lale, Ilman Maliq & D'Essentials, dan Nino RAN). Sudah banyak lagu-lagu hits Indonesia yang mereka buat, seperti lagu Hingga Ujung Dunia yang dinyanyikan Nagita Slavina, lagu Jangan (Marion Jola), dan masih banyak lagi.

Jika biasanya lagu JKT48 bergenre ceria dengan konsep adaptasi dari lagu AKB48, maka lagu kali ini akan berbeda dengan konsep yang ada.

2. Belum rilis tapi sudah dilihat Billboard Indonesia

Meskipun belum dirilis, single originaL JKT48 sudah mencuri perhatian Billboard Indonesia. Meskipun baru dibawakan pada saat konser anniversary ke-8 JKT48 pada Desember 2019, tetapi single original tersebut sudah membuat ramai dunia musik Indonesia. Lagu berjudul "RAPSODI" ini akan resmi dirilis pada tahun 2020.

3. Judul lagu yang unik.

jkt48 istimewa

foto: Instagram/@jkt48.fm

Berbeda dengan judul lagu JKT48 pada biasanya yang bernuansa Jepang, judul lagu single original ini cukup unik yaitu RAPSODI. Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) artinya menyatakan kegembiraan (sanjungan). Namun, belum ada pernyataan resmi dari pihak JKT48 maupun Laleilmannino tentang arti dari judul lagu RAPSODI.

Dilihat dari lirik lagunya, para penggemar ataupun yang sudah mendengar lagu RAPSODI memspekulasikan bahwa lagu tersebut mempunyai arti percintaan yang mendalam.

4. Pemilihan member yang akan membawakan single original JKT48.

jkt48 istimewa

foto: Instagram/@JKT48

Penentuan member yang pantas membawakan single ini akan dipilih langsung oleh fans melalui voting event SSK (sousenkyo). Dalam event tersebut akan ada 32 member yang terpilih dengan jumlah suara terbanyak, urutan 17-32 atau biasa disebut Undergirls akan membawakan lagu coupling single JKT48, sedangkan urutan 1-16 atau biasa disebut Senbatsu akan membawakan single utama JKT48.

Pemilihan member untuk single JKT48 dilakukan setiap satu tahun sekali, tahun 2019 merupakan tahun keenam JKT48 melakukan SSK. Pada SSK keenam tersebut adalah pemilihan member untuk single original pertama JKT48.

Pengumuman single original JKT48 telah dilaksanakan pada 30 November 2019 di BRP SMESCO Covention Hall Jakarta Selatan. Terpilih membawakan single original JKT48 dengan centernya Shani Indira Natio.

Reporter: mgg/nazaroh awalia budiman