Brilio.net - Gelaran festival musik di Indonesia mulai menggeliat setelah lebih dari dua tahun hiatus akibat pandemi Covid-19. Kondisi ini menunjukkan ekosistem ekonomi kreatif di Tanah Air semakin tumbuh dan memberikan dampak positif bagi para pelaku dan penikmatnya. 

Untuk semakin membangkitkan ekosistem kreatif tersebut, OT Group, menginisiasi acara Prost Fest 2022 yang rencananya bakal digelar pada 13-14 Agustus 2022 di Pantai Mertasari, Sanur, Bali.

Mengusung konsep music festival on the beach, Prost Fest 2022 bakal menghadirkan live music yang memberikan experience fresh dan memorable bagi para festival goers di Indonesia dan travelers. Festival musik yang mengusung tagline #Indonesiapunyafestival ini hadir dengan semangat pol-polan yang bukan hanya menjadi hiburan semata, tapi juga mengedepankan para local heroes ke pentas nasional hingga bisa mengglobal.

Sebagai festival yang baru pertama kali diselenggarakan, Prost Fest 2022 bisa menjadi ajang unjuk talenta dan karya bagi para musisi Indonesia. Baik yang berskala nasional maupun emerging new artists di industri musik Tanah Air.

“Konsep acara digelar di pantai, beach festival. Akan ada bar 360 derajat dan akan menggandeng UKM-UKM lokal di area food and beverage,” ungkap Program Director Prost Fest 2022 Muhamad Aldian saat jumpa pers di bilangan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (29/6/2022).

Lantas seperti apa festival musik multigenre yang diklaim sebagai festival musik satu-satunya yang komposisi line up lokalnya lebih banyak dibanding band nasional ini, berikut faktanya.

1. Bali sebagai ikon kebangkitan

Prost Fest 2022 © 2022 brilio.net @yans_brilio

Bukan tanpa alasan pihak penyelenggara menggelar acara ini di Bali. Sebab, Pulau Dewata itu dianggap sebagai salah satu ikon kebangkitan dari pandemi. Maklum, ketika pandemi merebak, Bali menjadi salah satu daerah yang sangat terdampak. Industri pariwisata termasuk ekonomi kreatif di Bali mati suri. 

“Saat pandemi pelaku industri kreatif terpukul karena membutuhkan panggung. Nah bagi para festival goers, Prost Fest 2022 harus menjadi agenda yang wajib dikunjungi. Karena kami, telah menyiapkan sebuah paket hiburan yang berkualitas. Bukan hanya musik tapi juga sebuah ekosistem ekonomi kreatif yang positif,” ujar Harianus Zebua, Head of Corporate and Marketing Communication OT Group.

2. Line up musisi bakal tampil di dua panggung

Prost Fest 2022 © 2022 brilio.net Instagram @prostfest_id

Totalnya akan ada 34 penampil yang akan unjuk performa di dua panggung, Prost Stage dan Singaraja Stage. Untuk Singaraja Stage, sekitar 70%-nya akan menjadi tempat bereksplorasinya para artis dan band local pride asli Bali. “Ini adalah perwujudan dari salah satu misi Prost Fest 2022 yang ingin memperkenalkan talenta-talenta lokal Bali ke kancah yang lebih luas lagi," lanjut Aldian.

Dari line up musisi, yang telah memastikan hadir adalah Slank, Milledeniais, Jason Ranti, Rub of Rub, Barasuara, Juicy Luicy, The Dare, Kaleb J, Shaggy Dog, Joni Agung & Double T, The Panturas, Rollfast, HIVI, The Adams, Navicula, The Hydrant, Ndarboy Genk, Nostress. Diskoria, Soulfood, Superman is Dead, Mahalini feat. Rizky Febian hingga Manja siap menampilkan aksinya yang memukau. Kabarnya masih ada 10 nama lagi yang siap menjadi bagian dalam keseruan di dua panggung yang tersaji di Prost Fest 2022 ini.

3. Panggung besar untuk band lokal Bali

Prost Fest 2022 © 2022 brilio.net The Hydrant, grup musik rockabilly asal Bali yang akan menjadi salah satu penampil di Prost Fest 2022 (@yans_brilio) 

Prost Fest 2022 ini menjadi panggung bagi para band lokal di Bali untuk naik kelas. Jika selama ini mereka banyak tampil di panggung-panggung kecil seperti cafe, maka lewat Prost Fest 2022 mereka bisa unjuk kebolehan di panggung yang jauh lebih besar. Komposisi line up musisi yang bakal tampil, 60 persen lokal Bali, sisanya dari luar Bali.

“Prost Fest diharapkan bisa menjadi persembahan serta kontribusi semangat musisi di Bali agar bisa sepenuhnya bangkit kembali. Acara ini bukan sekadar festival tapi bisa berkontribusi untuk pelaku industri musik di Bali,” ujar Rudolf Dettu, pengamat musik Bali.

Menurut personel Barasuara, Iga Marssadi, festival seperti Prost Fest 2022 sangat baik untuk perkembangan musisi lokal agar lebih diapresiasi dan dikenal secara luas. “Bali sebagai tuan rumah gue rasa sudah saatnya mereka dapat tempat spesial buat bakat-bakat yang bisa ditonton dan diapresiasi,” kata Iga.

4. Tiketnya murah banget lho

Prost Fest 2022 © 2022 brilio.net Instagram @prostfest_id

Nah yang cukup menarik, tiket early entry yang dibanderol untuk menyaksikan festival ini tergolong murah banget lho, cuma Rp 95.000 untuk dua hari. Nggak heran jika tiket early entry yang dijual malam ini pukul 19.00 WIB di website prostfest.id itu sudah ludes. Nah hasil penjualan tiket Prost Fest 2022 nantinya sebagian akan didonasikan untuk pengembangan industri kreatif dan pariwisata di pulau Bali. Keren kan!

(brl/red)

(brl/red)