1. BRILIO.NET
  2. »
  3. Life
Ismarlina Mokodompit 27 Mei 2015 20:40

Wah! Suara alam bisa meningkatkan produktivitas di tempat kerja

Produktivitas kerja bisa ditingkatkan dengan banyak mendengar suara dari alam.

Brilio.net - Selain bikin rileks dan memengaruhi suasana hati, ternyata keindahan alam terutama suara-suara yang timbul di dalamnya juga bisa membuat kinerja meningkat lho. Berdasarkan sebuah penelitian terbaru menyebutkan bahwa, bermain suara alam seperti air yang mengalir di ruang kerja kantor bisa menepis bad mood dan meningkatkan produktivitas.

Penelitian yang dipimpin oleh Jonas Braasch, seorang ahli acoustician dan musicologist dari the Rensselaer Polytechnic Institute di New York menggunakan suara alami air terjun yang mengalir.

Menggunakan suara alam sebagai sinyal penyamaran bisa memberikan manfaat lebih bagi lingkungan kantor. Salah satunya, suara alam meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

Semakin banyak perkantoran terbuka modern yang menggunakan sistem penyamaran suara yang menaikkan suara latar belakang ruang sehingga berbicara dapat dilakukan di luar jarak tertentu.

"Jika kamu dekat dengan seseorang, kamu dapat memahami mereka. Tapi begitu kamu bergerak lebih jauh, bicara mereka dikaburkan oleh sinyal penyamaran," jelas Jonas Braasch, dilansir brilio.net dari Times of India, Rabu (27/5).

Sistem penyamaran suara yang dirancang khusus untuk setiap ruang kantor oleh konsultan dan biasanya dipasang sebagai antena pengeras suara yang tersimpan di langit-langit. Selain memberikan privasi, sistem penyamaran suara ini juga bisa meningkatkan kemampuan kognitif.

Para pekerja, yang mendengarkan suara alam lebih produktif dan memiliki suasana hati yang lebih baik daripada pekerja yang terpapar sinyal penyamaran tradisional. Suasana hati yang baik tentunya akan membuat para pekerja semakin bersemangat dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka.

“Efek yang sama juga berlaku jika suara alam diperdengarkan pada pasien rumah sakit yang telah berhari-hari menginap di sana,” lanjut Braasch.

(brl/swh)

5 Alutsista Anak Bangsa Tembus Pasar Internasional
Berikut 5 alutsista anak bangsa tembus pasar

WHAT DO YOU THINK

MORE STORIES


Show More Stories
TOP

Would you like to switch to the English Version?