Brilio.net - Percaya diri adalah hal yang diperlukan dalam kondisi apapun di manapun. Misalnya untuk mengemukakan pendapat, ketika presentasi, ketemu dosen, ketemu tokoh masyarakat, ketemu ibu-ibu laundry, dan sebagainya.

Bayangin aja, kalau untuk hal-hal sepele aja kamu nggak pede, bisa repot dong hidupmu. Mungkin untuk beberapa hal kamu bisa minta bantuan temenmu saking super pemalunya kamu. Tapi nggak selamanya kan, temen bisa stay nemenin kamu tiap waktu?

Temen : "Bro, kita ikut stand up comedy hari minggu besok yok."

Kamu : "Ah, nggak dulu lah. Aku nggak pede ikut begituan."

Temen : "Bro, pergi cari makan yuk."

Loading...

Kamu : "Ah, nggak lah."

Temen : "Kenapa?"

Kamu : "Aku nggak pede."

Temen : "WHAT??!" *kemudian salto*

Nah, kamu termasuk pribadi yang sering tidak pede? Nggak mau dong melihara rasa tidak pede. Mau sampai kapan kamu jadi pemalu terus? Pengen tau cara mudah buat ningkatin percaya diri kamu hanya dalam waktu satu menit? Simak penjelasan brilio.net berikut ini yang dikutip dari One Minute Confidence:

1. Bicaralah pada dirimu sendiri dengan percaya diri

Pada tahap ini kamu harus mempercayai bahwa setiap yang keluar dari mulutmu akan berdampak pada dirimu. Orang yang minderan, suka banget ngucapin kalimat destruktif berulang-ulang, misalnya,"Aku nggak yakin.", "Aku nggak pantes deh kayaknya." Sebaliknya, orang-orang yang pede sering ngulangin kalimat-kalimat konstruktif semisal "Pasti bisa.", "Aku layak mendapatkannya."

Dari sekarang, kamu biasakan bicara tentang hal-hal positif pada dirimu sendiri. Bicaralah dengan penuh percaya diri seperti para motivator dan orator.

2. Mirror exercise

Urusan fisik nggak akan menjadikan kamu minder ketika kamu mampu bersyukur. Beberapa orang setelah melihat dirinya di cermin, justru merasa rendah diri karena menemukan kekurangan fisik pada dirinya.

Mirror exercise adalah praktik bersyukur sembari melihat dirimu secara saksama di depan cermin. Ucapkan: "Ya Tuhan, terimakasih atas anugerah yang Kau berikan padaku, terima kasih atas tubuh ini, Aku menerima diriku sepenuhnya."

Kemudian ucapkan dan sapa seluruh bagian tubuhmu: "Wahai (mata) terimakasih sudah menemaniku untuk melihat dunia, mohon maaf jika selama ini aku kurang memperhatikanmu. Terima kasih." Ucapkan untuk semua bagian tubuhmu hingga kaki. Lalu akhiri dengan kalimat, "Wahai seluruh bagian diriku, terimakasih. Aku mencintai diriku."

3. Mainkan film mental positif

Beberapa orang ketika akan tapil di hadapan umum membayangkan hal-hal negatif yang akan terjadi, seperti ditertawakan orang, salah bicara, blank, gugup, dsb. Akhirnya, mereka tidak berani tampil.

Dikatakan, Salah satu prinsip cara kerja pikiran adalah pikiran tidak dapat membedakan mana yang imajinasi dan mana yang realita. Jadi, apapun yang kamu bayangkan dengan sunggguh-sungguh, maka akan dianggap realita oleh pikiran. Ketika gugup, maka wajar kalau badanmu gemetaran dan sampai mengeluarkan keringat.

Maka, buatlah film mental positif. Buatlah gambaran-gambaran positif tentang dirimu yang lebih percaya diri senyata mungkin dalam pikiranmu.