Brilio.net - Kamu yang bergolongan darah O boleh aja merasa beruntung dibandingkan yang bergolongan darah lain. Secara fisik kamu lebih kuat karena dayamu untuk olahraga juga lebih besar. Sistem pencernaanmu juga terbilang bagus karena memproduksi cukup asam lambung yang berfungsi mencerna makanan seperti daging.

Tapi kira-kira makanan apa aja yang boleh dan harus kamu hindari supaya lebih sehat? Coba cek daftar makanan berikut, yang dikutip brilio.net dari drlam.com, Kamis (19/3).

Patut buat golongan darah O:

  • Kamu dianjurkan makan sayuran seperti selada, brokoli, dan bayam. Jenis sayuran ini bisa membantu pembekuan darah karena darah O sendiri kurang mampu untuk melakukan hal tersebut. Sehingga perlu vitamin K untuk membekukan darah. Konsumsilah juga bawang putih, bawang bombay, lobak, peterseli (sejenis seledri), kentang manis, labu, dan rumput laut.
  • Kamu bisa mengonsumsi daging sapi, kambing, dan rusa, yang justru semakin bagus kamu makan saat stres atau kekurangan energi. Kamu juga boleh makan ikan air tawar dan asin apa aja, kecuali yang akan disebut di bagian pantangan.
  • Untuk buah, kamu bisa mengonsumsi buah plum atau buah lain yang berwarna merah, biru, atau ungu sebab bisa menyeimbangkan keasaman lambung. Kamu masih boleh makan anggur karena memiliki kadar asam yang normal.
  • Kamu masih boleh mengonsumsi mentega, keju kambing, keju Mozzarella, dan susu kedelai walau nggak dianjurkan banget.

Hindari buat golongan darah O:

  • Coba hindari kubis, kembang kol, dan sawi yang menghambat fungsi kelenjar tiroid atau kelenjar gondok. Hindari juga jamur dan zaitun yang difermentasi karena bisa mengiritasi pencernaan. Kurangi kentang dan terung yang justru bikin kamu berpotensi mengalami encok. Kamu juga lebih baik mengurangi konsumsi jagung yang justru menyumbangsih insulin dan diabetes.
  • Hindari daging (terutama yang diasap), babi, dan angsa yang tidak terlalu berpengaruh untuk pemaksimalan kinerja sistem pencernaan dan metabolisme tubuhmu. Coba juga hindari ikan air tawar maupun asin yang diasap, lele, salmon, cumi-cumi, dan kerang, yang bisa mengganggu kinerja kelenjar gondok.
  • Coba kurangi jeruk biasa dan jeruk keprok, stroberi, dan beberapa buah beri lain karena mengandung zat asam tinggi yang justru bisa memperparah kandungan asam lambung golongan darah O sendiri. Kurangi konsumsi melon dan blewah yang berpotensi bikin kamu alergi.
  • Selain produk pertanian dan peternakan di atas, kamu juga perlu mengurangi konsumsi yoghurt.

Nah, bagaimana, sudah tahu makanan yang sehat untukmu? Tapi guys, beberapa contoh makanan di atas hanya sebagian kecil dari semua jenis makanan yang pernah dibahas oleh pakar gizi dan nutrisi lainnya. Bahkan beberapa pakar menyebutkan jenis makanan yang nggak terlalu familiar di negara kita.

Loading...

Tapi setidaknya kita tahu perlunya memilih makanan yang sehat sesuai golongan darah sehingga kesehatan kita lebih maksimal. Eitss, jangan lupa dukung juga dengan olahraga dan pengaturan ukuran dan frekuensi pola makan kita, ya. Selamat menjalankan pola hidup sehat!