Brilio.net - Kamu para pengguna komputer harus lebih waspada terhadap penyakit carpal tunnel syndrome (CTS) yang menyerang persendian pergelangan tangan. Sebab, terlalu sering memakai komputer diketahui merupakan penyebab terbesar, meski tidak menutup kemungkinan disebabkan faktor lain.

Belum ada cara-cara yang terbukti bisa mencegah terjadinya Sindroma Terowongan Karpal (Carpal Tunnel Syndrome). Tetapi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk meminimalkan tekanan pada tangan dan pergelangan tangan, seperti yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Senin (14/4).

1. Perbaiki posisi tubuh

Tips cegah sindrom sakit pergelangan tangan saat mengetik

Postur tubuh yang nggak baik bisa mengubah posisi bahu ke arah depan. Pada posisi ini, otot-otot leher dan bahu akan memendek sehingga menekan saraf-saraf di leher. Hal ini bisa mempengaruhi pergelangan tangan, jari-jari tangan, dan tangan, seperti yang dilansir brilio.net dari medicastore.com.

Loading...

Salah satu cara untuk melakukan pencegahan adalah dengan cara mengetahui bagaimana duduk yang benar dan baik serta posisi tangan pada saat menggunakan keyboard atau mouse, seperti ini:

1. Pastikan jarak pandang antara mata dengan komputer minimal 60 cm

2. Pandangan antara mata ke monitor harus mengarah sedikit ke bawah atau sekitar 5-15° lebih rendah dari posisi horisontal pandangan mata

3. Usahakan juga untuk menghindari pantulan lampu atau cahaya yang masuk ke monitor

4. Posisi tangan di atas keyboard harus membentuk sudut 90 derajat begitu juga kaki

5. Atur bangku kamu sehingga posisi tangan menjadi sejajar dengan meja ketika anda menggunakan keyboard

6. Jangan menggunakan komputer tanpa henti (lebih dari 2 jam), berdiri, sedikit olahraga (strecthing) dan berjalanlah sebentar (1 menit) secara periodik sebelum melanjutkan pekerjaanmu

7. Gunakan penyangga mouse dan atau keyboard untuk kenyamanan kamu

8. Gunakan penyangga kaki bila diperlukan

9. Gunakan kursi yang dapat menyangga posisi punggung kamu

2. Letak keyboard yang benar

Tips cegah sindrom sakit pergelangan tangan saat mengetik

Tips cegah sindrom sakit pergelangan tangan saat mengetik

Penggunaan keyboard komputer yang nggak benar dapat berperan pada terjadinya Sindroma Terowongan Karpal (Carpal Tunnel Syndrome). Untuk menghindarinya, sebisa mungkin kamu harus menjaga pergelangan pada posisi yang benar, yaitu antara tangan dengan bahu harus lurus. Posisi tangan boleh lebih rendah daripada bahu, tetapi tangan nggak boleh lebih tinggi dan pergelangan tangan nggak boleh menggantung.

Letakkan keyboard di bawah monitor, tapi jangan terlau rendah. Atur posisi keyboard agar sejajar dengan posisi badan kita. Penyangga pergelangan tangan dipergunakan untuk menopang pergelangan tangan.

3. Sering mengistirahatkan tangan

Tips cegah sindrom sakit pergelangan tangan saat mengetik

Beristirahat secara teratur setiap 15-20 menit dengan melekukkan dan meluruskan pergelangan tangan. Kurangi kekuatan saat melalukan aktivitas dengan tangan. Hindari menekuk pergelangan tangan ke atas atau ke bawah untuk waktu lama atau berulang. Jagalah kondisi tangan agar tetap hangat, terutama buat kamu yang bekerja di lingkungan yang dingin lebih cenderung mengalami nyeri dan kekakuan pada tangan.

Ya memang nggak mudah untuk melakukan semua hal di atas, apalagi kalau kerjaan kamu lagi menumpuk. So, buat kamu-kamu yang masih belum tahu, semoga petunjuk ini bisa bermanfaat ya. Jadi biar pun berlama-lama di depan komputer, kamu tetap bisa meminimalkan risiko terkena carpal tunnel syndrome!