Brilio.net - Tidur itu bagus untuk meningkatkan mood atau suasana hati, membantu belajar, dan membuat kita lebih berkonsentrasi. Tapi pernahkah kamu menduga tidur bisa bikin kamu kreatif?

Guys, saat kamu menghadapi sebuah problematika yang membutuhkan solusi, tak jarang harus mengumpulkan kembali informasi-informasi lain yang tersimpan dalam memori. Dari proses ini, kadang kamu tak bisa langsung menemukan jawaban, melainkan berupaya menganalogikan dengan hal-hal tertentu.

Nah, tidur membantu untuk menemukan solusi permasalahan yang dihadapi tersebut.

Dilansir brilio.net dari laman FAST COMPANY, Jumat (15/5), otak tetap aktif sekalipun kita tidur. Salah satu hal yang terjadi selama kita tidur adalah adanya konsolidasi (penyatuan) memori. Maksudnya adalah peristiwa atau kejadian selama seharian yang kita alami akan dikumpulkan atau diendapkan dalam memori saat tidur itu. Akan tetapi, tidak semua aspek dari peristiwa tersebut akan masuk memori jangka panjang otak, lho.

Nah, kemungkinan hal remeh temeh dari masalahmu akan menghilang dan tidak akan diproses lebih jauh oleh otak selama tidur. Hanya hal penting yang bertahan di dalam memorimu. Dengan begitu, saat kamu bangun, otakmu akan memiliki informasi yang sedikit berbeda daripada sebelum kamu tidur.

Loading...

Dari situ, otakmu juga akan bekerja menganalogikan permasalahanmu dengan memori-memori yang sudah ada di dalam otak (terkonsolidasi selama tidur) sehingga muncullah solusi kreatif, yang tergabung dari berbagai macam analogi tadi. Ingat lho, guys, kreatif bukan semata menemukan sesuatu yang belum pernah ada di bumi. Menggunakan sesuatu yang pernah ada untuk membentuk yang baru juga bisa disebut kreatif.