Brilio.net - Pernahkah kamu memerhatikan cewekmu ketika sedang makan? Atau kamu selalu terpesona dengan wajah cantiknya? Cobalah kamu amati dengan teliti saat dia sedang mengunyah. Pasti kamu akan menemukan perbedaan yang begitu signifikan.

Setidaknya kamu bisa merasakan bahwa kamu makannya lebih cepat ketimbang cewekmu. Memang benar, tidak hanya soal perasaan saja, cowok dan cewek ternyata mengunyah secara berbeda sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari jurnal Physiology & Behavior, Selasa (29/9).

Pendapat tersebut diperkuat dengan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Soojin Park dan Weon-Sun Shin. Untuk membuktikannya, kedua ahli ini merekrut 48 mahasiswa (24 cowok dan 24 cewek) dari Semyung University, Korea Selatan. Di dalam mulut masing-masing peserta telah dipasangi sebuah alat untuk merekam aktivitas mulut saat sedang mengunyah.

Masing-masing peserta mendapatkan tugas untuk mengunyah 152 gram nasi ke dalam mulutnya. Kemudian sang ahli mengamati jumlah nasi yang dimasukkan ke dalam mulut, kekuatan mengunyah, durasi mengunyah, dan data-data lain.

Temuan dari percobaan tersebut menunjukkan bahwa cowok ternyata mengunyah dengan gigitan yang lebih besar dengan kekuatan yang lebih dibandingkan cewek. Sedangkan mahasiswa cewek memperlihatkan bahwa mereka selalu menambahkan satu kunyahan lagi sebelum menelannya. Alhasil, cewek lebih lambat dalam menghabiskan makanan.

Loading...

Meskipun hasilnya positif, tetapi temuan ini mendapatkan kritikan. Apalagi hasil ini dibandingkan dengan bagaimana cowok dan cewek dalam mengunyah permen karet yang tidak ada bedanya. Itulah mengapa penelitian ini membutuhkan percobaan lebih lanjut.