Brilio.net - Sebaiknya kamu berhati-hati dengan orang yang sering merasa kedinginan. Jika tidak, kamu siap-siap saja merasakan hal yang sama. Mungkin kamu tidak percaya bahwa rasa dingin bisa saja menular layaknya sebuah penyakit. Akan tetapi sebuah studi mengungkap bahwa rasa dingin memang benar-benar bisa menular sebagaimana dikutip oleh brilio.net dari jurnal Plos One, Selasa (29/9).

Seorang neuropsikiater dari Univeristas Brighton dan Sussex telah membuktikan fenomena tersebut. Dalam studinya, Neil Harrison melibatkan 36 mahasiswa untuk menonton sebuah video berdurasi tiga menit yang berisi adegan seorang aktor mencelupkan tangannya ke dalam air. Pertama sang aktor memasukkan tangannya ke dalam air panas. Kemudian, berganti mencelupkan ke dalam air es. Dalam video tersebut ekspresi muka sang aktor tidak diperlihatkan.

Neil menemukan bahwa hanya adegan sang aktor mencelupkan tangannya ke es batulah yang mempengaruhi suhu pada setiap siswa. Sedangkan scene yang memperlihatkan mencelupkan tangannya ke air panas sama sekali tidak berpengaruh dengan suhu tubuh.

Sang ahli dan timnya sebenarnya bingung dengan hasil yang sedemikian rupa. Neil berpendapat bahwa hal ini terjadi karena rasa empati yang dimiliki oleh manusia. Melalui perasaan tersebut, seseorang bisa memprediksi dan merasakan rasa dingin. Akibatnya, rasa dingin bisa menular ke dalam dirinya.

Loading...