Brilio.net - Teknologi memang selalu memberikan hal tidak terduga dalam kehidupan. Salah satunya adalah keyboard dengan format QWERTY yang bisa kamu temui di perangkat PC, bahkan smartphone atau tabs kamu.

Ternyata keyboard jenis ini tidak asal dirancang. Ada rahasia khusus dibalik penciptaan barang ini. Dikutip oleh brilio.net dari sciencedaily, Senin (13/4), sebuah penelitan mengungkapkan bahwa jika sebuah kata banyak disusun dari huruf-huruf bagian kanan keyboard model ini mempunyai emosi positif. Artinya, makna kata tersebut lebih positif dibandingkan dengan kata yang disusun dari huruf yang tersebar di bagian kiri keyboard ini.

Peneliti yang melakukan riset ini adalah Kyle Jasmin dari London dan Daniel Casasanto dari New York. Untuk menyimpulkan hasil tersebut, kedua orang ini meneliti tiga bahasa yakni, Bahasa Inggris, Bahasa Spanyol, dan Bahasa Belanda. Dalam ketiga bahasa tersebut, kata-kata yang diketik dengan dominasi huruf dari bagian kanan keyboard maknanya lebih positif.

Sang peneliti menjelaskan bahwa huruf-huruf yang berada di bagian kanan keyboard sangat gampang diketik. Hal ini diasosiasikan dengan energi yang posifit bagi orang yang mengetiknya. Mereka juga berpendapat bahwa huruf-huruf yang di bagian kiri keyboard susah diketika sehingga bisa memunculkan emosi negatif.

Masih tidak percaya? Cobalah ketik kata 'sad' dan 'lol' dalam keyboard kamu. Kata pertama ini didominasi dengan huruf yang berada di bagian kiri keyobard. Hal ini sesuai dengan artinya yaitu 'sedih'. Berarti benar bahwa kata-kata yang disusun dengan dominiasi huruf di bagian kiri memunculkan makna negatif dalam kata tersebut. Hal ini juga mempengaruhi seseorang saat mengetikkan kata tersebut.

Kebalikannya, jika kamu menuliskan 'lol' yang didominasi dengan huruf-huruf yang berada dalam keyboard bagian kanan. Arti kata dari ini adalah 'lot of laughing', jadi benar bahwa kata-kata yang disusun dari keyboard bagian kanan menimbulkan emosi positif.