Brilio.net - Hari gini, bahan bakar minyak (BBM) udah jadi salah satu kebutuhan yang penting selain sandang, pangan, dan papan. Dengan mengisi BBM pada kendaraanmu, kamu bisa pergi kemana saja untuk melaksanakan aktivitas kamu setiap harinya.

Tapi tahu nggak, untuk mendapatkan bensin dengan kualitas terbaik, kamu juga perlu memperhatikan waktu-waktu yang tepat untuk mengisi bensin di kendaraanmu, lho.

Nah, waktu yang tepat untuk mengisi bensin ternyata pada saat tengah malam. Loh, kok bisa? Begini penjelasan ilmiahnya seperti dihimpun brilio.net dari berbagai sumber.

Pada siang hari, suhu bumi yang mulai memanas menyebabkan adanya aliran konveksi pada simpanan deposit bensin di dalam tangkinya. Hal ini disebabkan karena tanah di sekitar tempat penyimpanan menyerap panas matahari dan menyimpannya.

Akibatnya kotoran yang sudah mengendap di bawah pada pagi dan malam akan naik ke atas pada siang hari. Kondisi ini baru akan berangsur-angsung menghilang sampai sekitar pukul 02.30 WIB. Itulah makanya waktu yang paling baik untuk mengisi bensin dengan kualitas paling baik yaitu pada tengah malam.

Loading...

Pengendara juga sebaiknya tidak mengisi bahan bakar saat pom sedang melakukan pengisian ulang. Sebab aliran bensin yang digelontorkan ke dalam tanki deposit secara nggak langsung membuang kotoran-kotoran yang telah mengendap sebelumnya di dasar tangki.

Mengisi bensin pada suhu dingin dengan posisi densitas yang paling tinggi sangat dianjurkan karena partikel bensin ada dalam kondisi yang sangat rapat. Makanya, dalam takaran yang sama, pengendara bisa memperoleh volume bensin yang lebih banyak ketimpang mengisinya pada suhu yang tinggi. Jadi mulai sekarang, isi bensinnya tengah malam aja ya, guys?