Brilio.net - Seorang SPG atau SPB harus tahan berlama-lama berdiri demi menjajakan barang yang mereka jual. Begitulah aturan yang ada di berbagai perusahaan atau pusat perbelanjaan. Tak jarang dalam satu shift kerja mereka harus berdiri selama delapan jam sehari. Nah sebenarnya terlalu lama berdiri pun memiliki bahaya yang sama dengan terlalu banyak duduk lho.

Ema (20), seorang SPG di salah satu pusat perbelanjaan mengatakan bahwa ia memang diwajibkan untuk berdiri selama bekerja. Ia dalam satu shift harus berdiri selama delapan jam dan hanya duduk ketika waktu istirahat. Namun ia mengaku belum mempunyai keluhan serius terkait kebiasaan berdiri lama tersebut. "Paling pegel saja kakinya sama capek," ujarnya kepada brilio.net, Rabu (13/5).

Menurut hasil penelitian dari Canadian Center of Occupational Health and Safety yang diterbitkan dalam situs ccohs seseorang yang bekerja dengan posisi berdiri lama dan dilakukan secara terus menerus memiliki resiko kaki sakit, pembengkakan kaki, varises, kelelahan otot umum, nyeri pinggang serta kekakuan pada leher dan bahu. Selain itu dalam jangka panjang, sendi di tulang belakang, pinggul, lutut dan kaki menjadi seperti terkunci yang nantinya memicu terjadinya penyakit rematik degeneratif karena kerusakan pada tendon dan ligamen (jaringan yang mengikat otot dengan tulang).