Brilio.net - Aroma tubuh yang nggak sedap itu mengganggu banget deh. Selain bikin jadi nggak pede, tentu bikin orang lain di sekitarmu jadi pengin melambai-lambaikan tangan ke kamera saking nggak tahannya sama bau badan kamu. Yang bikin kesel, kadang orang yang memiliki aroma tubuh nggak sedap itu nggak menyadari kalau bau badan mereka itu ganggu banget. Aarrgghh....

Keringat manusia pada dasarnya nggak berbau kok. Lalu sebenarnya apa sih yang bikin aroma tubuh jadi nggak sedap? Nah, kalau misalnya ada orang yang memiliki aroma tubuh yang nggak enak, itu artinya mereka memiliki masalah pada kelenjar keringatnya.

Tubuh manusia memiliki banyak kelenjar keringat, bahkan bisa mencapai empat juta kelenjar, lho. Tapi di antara berjuta-juta kelenjar itu, ada dua kelenjar keringat yang berpotensi menyebabkan bau badan.

Seperti dilansir brilio.net dari laman Medicalnewstoday, Jumat (8/5), ini dia kelenjar keringat yang menghasilkan bau badan:

1. Kelenjar ekrin

Loading...

Kelenjar ekrin berada di hampir semua area kulit manusia. Keringat yang dihasilkan oleh kelenjar ini dihasilkan melalui saluran berbentuk mirip seperti tabung. Saat keringat menguap dari kulit, kelenjar inilah yang bertanggung jawab untuk mengatur suhu tubuh kita.

2. Kelenjar apokrin

Kelenjar ini sebagian besar berada di pangkal paha, ketiak, dan juga di area sekitar puting payudara. Jika kelenjar ini muncul di telinga, maka akan membentuk kotoran telinga. Tapi jika berada di payudara wanita, maka kelenjar ini akan mengeluarkan tetesan lemak ke dalam ASI. Jika ada bakteri jahat yang tumbuh di kulit, maka kelenjar apokrin akan memecah keringat yang kemudian berubah menjadi asam yang menyebabkan aroma tubuh jadi nggak sedap.