Brilio.net - Berkeringat, siapa sih yang nggak pernah mengalaminya. Berkeringat adalah mekanisme tubuh normal untuk mendinginkan diri yang biasanya dialami pada area tertentu saja seperti tangan, kaki, ketiak dan terkadang wajah.

Tapi kalau hanya telapak tangan yang sering berkeringat menjadi keluhan yang membuat siapa saja yang mengalaminya menjadi penasaran. Sebenarnya apa sih yang terjadi pada tubuh? Bahkan ada anggapan yang terlanjur mendarah daging di masyarakat dan menjadi semacam teori yang dipercaya banyak orang, kalau telapak tangan berkeringat adalah tanda dari penyakit jantung. Lalu apakah hal ini benar atau hanya sekadar mitos ya?

Seperti dikutip brilio.net dari laman Intisari Online, Jumat (1/5), secara medis disebutkan ada dua jenis kelainan yang menyebabkan produksi keringat menjadi berlebih pada tubuh. Pertama pada telapak tangan (palmar hyperhidrosis) dan kedua pada telapak kaki (plantar hyperhidrosis). Hal ini disebabkan karena tubuh seseorang memiliki kelebihan hormon tiroid dalam darah (hipertiroid).

Selain disebabkan oleh hipertiroid, telapak tangan dan kaki yang kerap dibasahi oleh keringat juga menandakan seseorang tengah mengalami pembakaran berlebih pada sel-sel tubuh. Penyebab mengapa hipertiroid sering dihubungkan dengan penyakit jantung yaitu karena keduanya sama-sama membuat detak jantung berderap lebih cepat.

Meskipun penyebab pasti dari telapak tangan dan kaki berkeringat masih diperdebatkan, banyak ahli percaya bahwa hal itu disebabkan oleh sistem saraf simpatik yang hiperaktif, sehingga menyebabkan kelenjar keringat di telapak tangan dan kaki menghasilkan keringat yang berlebihan.

Jadi keringat yang berlebih pada telapak tangan sebenarnya disebabkan karena hipertiroid, bukan merupakan suatu penyakit seperti jantung lemah. Penyakit lemah jantung memiliki tanda-tanda yang lain yaitu rasa sesak pada pernapasan, mudah lelah, detak jantung tak teratur, nafsu makan rendah, dan gangguan memori.

Nah, mulai sekarang kamu udah nggak perlu bertanya-tanya lagi apakah telapak tangan berkeringat merupakan tanda sakit jantung. Akan tetapi kalau kamu sering berkeringat sehingga menganggu aktivitas sehari-hari, tiba-tiba berkeringat lebih banyak dari biasanya atau sering mengalami berkeringat di malam hari tanpa alasan yang jelas, nggak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan lanjut ke ahlinya ya. Kesehatanmu lho!