Brilio.net - Siapa yang tak tahu daun kemangi? Daun kecil-kecil ini seringkali digunakan lalapan pada menu ayam atau ikan bakar. Namun, apakah hanya itu saja fungsinya?

Dikutip brilio.net dari laman wellnessmama.com, Rabu (6/5) ternyata daun kemangi memiliki banyak kegunaan. Berikut tujuh manfaat daun kemangi yang perlu kamu tahu.

1. Membuat nyaman perut dari rasa begah

Orang Italia mengonsumsi kemangi untuk menenangkan pencernaan dan mengurangi perasaan kenyang. Kamu hanya perlu mencampur setengah sendok teh dari daun kemangi kering atau segar dalam air. Lantas, kamu minum.

2. Mengatasi batuk dan pilek

Loading...

Kamu hanya perlu mengunyah beberapa daun segar kemangi untuk menenangkan batuk. Atau, kamu membuat teh dari daun kemangi kering untuk meredakan batuk dan pilek.

3. Mengatasi sakit kepala

Kamu bisa merendam satu sendok makan daun kemangi kering ke dalam dua cangkir air panas, lantas uapnya bisa kamu gunakan untuk meringankan sakit kepala. Jangan lupa lapisi kepala dengan handuk. Hiruplah juga uapnya selama 5-10 menit sampai sakit kepala mereda.

4. Mengobati sengatan dan gigitan

Saat kamu tidak punya obat untuk luka sengatan atau gigitan serangga, kamu bisa mengunyah sebentar kemangi lantas letakkan di luka sengatan atau gigitan tersebut. Dengan begitu, rasa sakit akan berkurang dan racunnya akan keluar.

5. Infeksi telinga

Menurut Mountain Rose Herbal (distributor dan penjual produk herbal di Amerika yang telah berdiri sejak tahun 1987), minyak kemangi dapat meredakan infeksi telinga.

6. Mengatasi kelebihan gula darah

Mengonsumsi teh kemangi secara teratur dapat menstabilkan tingkat gula darah dalam tubuh.

7. Mengurangi stres

Kalau mau mengurangi stres, kamu bisa menambahkan dua cangkir teh kemangi untuk mandi dengan air hangat. Mandi dengan air kemangi bisa membuatmu rileks.

Nah guys, selamat mencoba ya.