Brilio.net - Kamu yang hidup di zaman kekinian, pasti merasa aneh dengan makanan yang satu ini: tahu. Sebagian besar kamu pasti lebih memilih menu makanan Barat ketimbang makanan khas kuliner Nusantara.

Padahal, tahu ini sangat luar biasa kandungan nutrisinya. Ditambah lagi harga tahu sangatlah murah.

Berikut ini adalah alasan kamu harus makan tahu sesering mungkin dikutip brilio.net dari lifehack.org, Jumat (17/4).

1. Bisa gantikan daging

Kandungan nutrisi pada tahu seperti protein, lemak, serat, dan karbohidrat bisa menggantikan daging dalam menu makanmu. Bahkan kamu juga bisa menghindari lemak jahat yang ada pada daging dengan tahu. Akan tetapi, kamu harus makan dua potong tahu untu untuk mendapatkan kalori yang setara dengang sepotong daging.

Loading...

2. Cegah penyakit jantung dan hipertensi

Karena mengandung kolesterol yang rendah, tahu bisa dijadikan menu yang tepat untuk mencegah penyakit jantung. Jadi, jangan remehkan sepotong tahu dalam piring kamu.

3. Menurunkan risiko kanker perut

Berdasarkan penelitian dari Universitas Soochow, China , makan tahu bisa menurunkan risiko terkena kanker perut. Riset tersebut dilakukan selama 10 tahun antara 1998-2008. Studi tersebut menyatakan bahwa orang yang sering makan tahu dibandingkan dengan makan olahan kedelai lainnya memiliki risiko yang rendah untuk terkena kanker perut.

4. Tinggi kalsium

Tahu mengandung kalsium yang sangat tinggi. Faktanya adalah empat ons tahu setara dengan delapan ons susu sapi. Kalsium ini sangat penting untuk mencegah osteoporosis.

5. Mencegah kanker panyudara

Sudah banyak yang mengemukakan bahwa tahu kaya dengan kandungan isoflavon. Kandungan tersebutlah yang bisa menurunkan potensi terkena kanker payudara.

6. Tinggi serat

Karena terbuat dari kedelai, tahu sangat tinggi akan serat. Hal ini sangat bagus untuk mencegah penyakit stroke, sirkulasi darah, iritasi usus, dan  risiko wasir.

7. Asam amino dan omega 3

Tahu bisa memenuhi asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu, kandungan omega 3 juga bisa menjadi obat anti-depresi.

8. Makanan yang sehat

Nutrisi yang terkandung dalam tahu memang luar biasa. Unsur zat besi, tembaga, dan mangan dalam tahu bisa meningkatkan energi. Selain itu  kandungan selenium pada tahu juga bisa menjadi antioksidan yang bisa mencegah kematian sel pada tubuh dan menurunkan risiko kanker prostat.