Brilio.net - Rasanya nggak ada yang bisa ngalahin sebelnya ketika aktivitas lagi padat-padatnya, tapi perut berasa nggak keruan karena susah buang air besar. Biasanya untuk memperlancar, kita dianjurkan makan makanan yang mengandung banyak serat. Tapi gimana kalau masih tetap susah BAB?

Gampang! Kamu cuma perlu memijat bagian tubuhmu yang namanya Perineum. Perineum ini sendiri letaknya ada di antara anus dan vulva pada perempuan. Untuk laki-laki, perineum berada di area antara anus dan skotrum.

Menurut penelitian yang dimuat dalam Journal of General Internal Medicine, seperti dilancir brilio.net dari Womens Health, Senin (6/4), memijat area perneum dapat membantu mengatasi konstipasi atau sembelit. Trik ini sama seperti yang diterapkan pada ibu hamil yang ini melahirkan. Memijat area perineum ini berfungsi untuk menenangkan area perut, tepatnya usus, sehingga lebih mdah untuk buang air besar.

Penelitian yang melibatkan 100 orang dengan konstipasi ini menyimpulkan bahwa kelompok yang memijat, mengalami peningkatan fungsi usus sehingga dapat membantu memecah dan melunakkan tinjanya. Sebanyak 82% respondenpun mengatakan akan terus melakukan trik ini supaya lancar BAB.

Kalau sembelit, tak ada salahnya kamu coba juga trik ini!