Brilio.net - Salah nggak sih mengritik pemerintah? Nggak salah kok. Di era ini, semua orang bebas mengritik, dan memberi masukan untuk pemerintah. Tapi pastikan juga kamu menggunakan kalimat yang sopan, dan argumenmu sesuai dengan logika. Maksudnya jangan berlebihan, atau L-E-B-A-Y. JANGAN LEBAY!

Emang tandanya apa? Mengritik berdasarkan omongan orang lain, yang belum tentu masuk logika. Apalagi kalau sumbernya nggak jelas, tapi biar kelihatan kece, tetap aja di share. Hadeehh!

Sering kan kita lihat di Facebook akhir-akhir ini, banyak anak-anak muda ngomong ini itu tentang pemerintah, share kekesalannya mengenai kinerja pemerintah, bersikap seolah-olah udah paling ngerti mimpin negara. Udah gitu, kemudian membuat kesimpulan-kesimpulan yang aneh, bahkan melampaui orang-orang yang memang berkecimpung di dunia politik.

Nah, ketimbang nyinyirin pemerintah, atau bikin status update, ngetwit, nge-Path yang nggak jelas, mending pakai smartphonemu untuk hal-hal berguna. Seperti apa contohnya? Nih, coba simak ya!

1. Ngeblog
Kalau emang berani mengritik pemerintah, kenapa nggak sekalian aja bikin blog? Tapi ingat, penjelasanmu harus masuk akal ya. Kamu juga harus bisa menyampaikan kalimatmu dengan sedetail-detailnya.

Ini nggak hanya menunjukkan kalo kamu itu cuma jago ngeluh, tapi kamu juga mengerti apa sih sebenarnya yang sedang diributkan itu.

Ngeblog nggak cuman buat mengritik juga lho. Kamu bisa ngeblog mengenai topik-topik atau hobi kamu. Contohnya, sekarang banyak blog-blog tentang fashion, makanan, dan juga travelling. Kalo isi tulisanmu bagus, kamu bahkan bisa dapat penghasilan dari situ lho.

2. Jualan online
Daripada nyinyir tapi nggak menghasilkan apa-apa, mending gunakan medsos kamu buat jualan. Nggak cuma di FB, ada banyak tempat buat kamu berbisnis online. Bahkan waktumu jadi bisa lebih fleksibel karena bisnis online bisa kamu kerjakan dari mana saja. Asal teliti, dan ada kemauan, kamu pasti bisa kok!

3. Buka situs-situs yang sesuai dengan hobimu
Nggak perlu yang situs yang berat-berat, situs ringan yang membahas tren anak muda seperti fashion, otomotif, sport, dan lain-lain. Ini berguna kalau kamu lagi ngobrol sama orang lain, kamu nyambung buat ngomongin apapun.

4. Baca buku
Berkembangnya suatu negara itu bergantung sama warganya juga. Biar bisa berkembang, ya harus berwawasan. Biar punya wawasan, ya banyak-banyak baca buku dong. Tahu kan, ada pepatah yang pernah bilang, "buku itu jendela dunia"?

Jadi, daripada kebanyakan ngemeng yang remeh temeh, baca buku aja deh!

5. Ikut komunitas
Daripada nyampah, mending ikut forum-forum atau gabung komunitas. Banyak topik ynag bisa kamu masuki. Kalau kamu punya pertanyaan mengenai hobi atau apapun, kamu bisa bertanya dalam forum. Atau kalau misal kamu sudah ngerasa jago, boleh lho, bantuin teman-teman yang lain supaya mereka bisa jago juga kayak kamu.

Percaya deh, hidup itu terlalu boring kalo cuma buat ngeluh, ngeluh, dan ngeluh doang. Know your ability, and go get your life, guys! Siap kan?